Delapan Aspek Blogger Sukses

Delapan Aspek Blogger Sukses

15 Comments

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger adalah tidak memperhatikan aspek blogging terhadap blog yang dibangun. Banyak kesalahan tafsir bahwa blog adalah sebuah mesin popularitas dengan berbagai tujuan, namun lebih banyak lagi blogger yang kurang memperhatikan kualitas dari konten blognya sendiri. Secara logika, seo itu perlu dioptimalkan, namun bila konten anda buruk dan tidak menarik, pengunjung juga akan bosan. Kenyataannya, bukan hanya penerapan seo yang baik, namun aspek penting dari blogger itu perlu diperhatikan. Inilah kunci keberhasilan seorang blogger.

Seorang blogger sukses adalah mereka yang akrab dengan aspek blogging dan tahu bagaimana mendapatkan peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Mereka lebih memikirkan hal baru dan bermanfaat yang dapat dibagikan kepada pengunjung. Mereka juga sangat mengerti apa yang menarik dan dibutuhkan, sehingga blog yang dibangun menjadi sebuah referensi perkembangan dan informasi penting bagi pembaca. Jadi, blogging bukan hanya sebuah popularitas atau mengejar ranking tinggi, namun lebih kepada membangun kekuatan dan berpikir ke depan untuk perkembangan yang lebih baik. Baiklah, sekarang mari kita bahas delapan aspek blogger sukses yang perlu diperhatikan. Ikuti bahasan berikut.

1. Konten yang Baik dan Manarik
Buat konten yang baik dan segar. Perhatikan gaya bahasa dan perbaiki tulisan. buat sesingkat dan semudah mungkin, karena tulisan yang susah dibaca dan difahami akan ditinggalkan pengunjung. Buat juga artikel yang menarik. Anda bisa menyiasatinya dengan melalui judul. Gaya bahasa harus unik dan berbeda dengan lainnya. Banyak blogger pintar, namun mengungkap suatu subjek dalam tulisan dengan bahasa kaku dan tidak manarik. Padahal bahasan itu penting. Akhirnya tulisan mereka tidak ubahnya seperti kicau burung yang tidak dapat dimengerti.

Menulis posting blog dengan format yang luar biasa yang menyenangkan mata pembaca, memecahkan pertanyaan dan membalas komentar dianggap sebagai penghargaasn untuk menghargai pengunjung dan ini penting untuk dilakukan. Ketika kita mulai menghargai kehadiran mereka dan membangun hubungan, maka mereka akan suka membaca blog anda secara teratur dan lalu lintas blog akan lebih tinggi. Silahkan baca artikel di bawah sebagai referensi.
Ada apa dengan komentar di blog anda
Optimalisasi judul untuk seo
Menjadi blog walker yagn berhasil
10 tips membuat judul yang seo friendly

2. Keaslian Konten
Kebiasaan terburuk dalam blogger, adalah copy - paste. Anda dapat dianggap pencuri sampai anda mendapatkan hukuman dari google. Kalau sudah begitu tinggal menunggu penjara kegagalan dari perkembangan blog anda bangun. Hindari menyalin konten lain karena itu ilegal, jika tidak Google akan mengenakan sanksi. Jadi, saya menyarankan untuk tidak menyalin konten dari mana saja. Biasakan menulis konten sendiri dan jika diperlukan maka cari konten lain yang relevan untuk ide dan petunjuk (referensi).
Konten adalah raja
Melawan google panda

3. Niche
Kesalahan terbesar blogger yang banyak ditemukan adalah kesalahan membuat niche. Niche merupakan frase kata yang fokus terhadap subjek bahasan tertentu. Fungsinya untuk mempermudah perayapan mesin pencari terhadap blog tentang apa yang diulas. Banyak blogger yang tidak tepat dalam memilih niche, padahal ini merupakan peluang penting dalam memilih ketepatan pokok bahasan yang unik. Niche juga dapat dijadikan pembeda antara bahasan anda dengan lainnya dan melalui niche optimasi dibangun untuk posisi yang baik pada mesin pencari.

Niche sama halnya dengan kata kunci (keyword) tertentu yang ditargetkan sebagai pokok bahasan. Misalnya untuk artikel dengan kata "sepatu". Ini bukan niche, karena kata ini terlalu luas. Kalau anda mempersempit kata "sepatu" menjadi "sepatu boot" baru itu spesifik. Anda dapat mempersempit lagi dengan memberi "sub niche" dengan menambahkan kata "laras panjang", sehingga menjadi sepatu boot laras panjang. Sedangkan untuk judul blog biasanya niche dipersingkat. Misalnya tentang "tutorial" menjadi "tutorial blog". Dari sini anda dapat membaginya dengan beberapa topik bahasan seperti tutorial membuat blog, tutorial mempercantik blog, tutorial seo, tutorial mendapat uang melalui blog, ke dalam konten atau artikel yang dibuat. Sebagai referensi silahkan baca
Tips memaksimalkan artikel dan kata kunci
Cara mengoptimalkan kata kunci pada artikel
Kata kunci untuk optimalisasi blog

4. SEO Salah Kaprah
Kebanyakan blogger pemula tidak tahu bagaimana menerapkan SEO pada blog mereka dan cenderung mengabaikannya. Banyak pula blogger salah mengartikan seo itu sebagai "keharusan", artinya harus dapat peringkat pertama di mesin pencari, harus mempunyai link banyak, harus mempunyai rangking alexa tinggi, harus terkenal, harus ini dan itu. Akhirnya blogging bertujuan untuk "keharusan peringkat" tanpa didukung aspek lainnya. Terlalu banyak link yang tidak relevan akan dianggap link farm dan ini berbahaya. Membangun link balik melalui spam dalam komentar juga tidak kalah mengerikan untuk perkembangan blog itu sendiri. Saran saya, optimalkan saja seo onpage dan sesekali menerapkan seo offpage. Jangan terlalu fokus untuk seo, karena anda menulis bukan untuk mesin pencari, namun untuk pengunjung dan kepentingan penyebaran informasi. Ingat, SEO hanya membantu untuk mendapatkan sejumlah lalu lintas yang ditargetkan ke blog anda dari mesin pencari, selebihnya tidak berlaku. Sebagai refernsi silahkan baca artikel berikut.
10 kesalahan seo
Seo sederhana tapi jenius
Seo bukan sulap
Trik seo gantung diri
Mencegah spam pada komentar blogger

5. Struktur dan Layout Blog
Struktur blog merupakan hal penting, karena ini adalah sebuah sarana penyederhanaan buat pengguna blog anda. Buat struktur blog yang ramah dan mudah dijadikan navigasi untuk keperluan pengunjung. Blog user friendly memiliki desain yang baik dan mudah dibaca, sehingga mereka dapat mengakses setiap sudut blog untuk berbagai kepentingan.

Perhatikan layout blog karena bila layoutnya jelek pengunjung malas berkunjung. Bikin struktur yang mudah namun menarik. Pilih saja template yang sederhana tapi mudah untuk diakses dan sediakan fitur berbagi, artikel terkait, breadcrumb, dan widget lainnya sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak memasukkan widget yang tidak perlu, karena akan memperlambat loading blog dan berbahaya bagi perjalanan seo blog anda pada mesin pencari. Tidak semua script yang dimasukkan itu seo friendly. Mungkin saja malah menghancurkan blog itu sendiri. Sebagai referensi silahkan baca artikel berikut.
Cara edit template agar seo friendly

6. Kesabaran
Ketika blogger mendapat inspirasi dari blogger besar lainnya, mereka memulai blogging dengan begitu banyak harapan. Tapi setelah mereka tidak mendapatkan apa-apa, akhirnya mereka bosan dan berhenti update blog secara teratur. Mereka menganggap itu sebagai buang-buang waktu. Ingat, tidak ada blog terkenal dalam satu malam dan tidak ada jalan pintas untuk keberhasilan. Anda perlu belajar bahwa betapa pentingnya memperbarui blog secara teratur, karena pembaca dan mesin pencari mengharapkan sesuatu yang baru, up to date, konten segar, dan unik yang terus diposting.

7. Traffik dan Iklan
Pentingkan trafik blog dibanding iklan. Terlalu banyak iklan bisa merusak layout atau pandangan mata pengunjung. Ini membosankan dan merusak kinerja blog anda terhadap mesin pencari. Kenyataannya, jika anda gagal membangun pengunjung (traffic blog), maka anda tidak bisa merasakan uang dari blogging. Jangan membuat blog sebagai papan reklame. Banyak blogger tertarik untuk membuat blog mereka sebagai ATM, memasang pop up iklan untuk mendapatkan klik maksimum. Akhirnya pengunjung malas dan iklanpun terpasang percuma. Berpikir sekaligus dari dua sisi pengguna, sisi konten yang berguna dan iklan yang mendukung (relevan dan tidak berlebihan). Sebagai referensi silahkan baca artikel berikut.
Metode sostac untuk bisnis online

8. Berhenti Bermimpi dan Bangun Kerja Keras
Menjadi blogger sukses tidak akan didapat melalui mimpi, namun kerja dalam mewujudkan mimpi tersebut. Saya ingat beberapa teman-teman melakukan kesalahan yang sama ketika melangkah pertama ke dunia blogging. Impian mereka adalah untuk membuat uang instan, bukan membangun blog menjadi yang lebih baik. Melalui blog yang baik, anda akan mendapat berbagai kelebihan, termasuk uang. Blogging terlihat sulit untuk pemula, itu sebabnya mereka berhenti atau kehilangan minat dan semangat. Keluarlah dari dunia mimpi dan mulai bekerja untuk meningkatkan nilai blog, karena blogging bukan menjadi khayalan, namun kenyataan yang harus dihadapi dengan kerja keras. Bila tidak, lebih baik tinggalkan saja.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.