Trick SEO Gantung Diri

Trick SEO Gantung Diri

17 Comments

black hat seo
Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan harus hindari dalam menerapkan trick SEO, karena jelas google tidak suka dengan hal-hal yang berbau kecurangan dan teknik tersebut dianggap melanggar peraturan google. Tentunya dengan sangsi berat ketika anda ketangkap menerapkan trick SEO kotor untuk mendongkrak posisi pada mesin pencari.

Kenyataannya dalam menjalankan teknik SEO, tidak ubahnya seperti berada dalam kehidupan. Ada baik dan ada jahat. Inilah yang harus dicermati pengelola mesin pencari seperti google untuk menjaga kebersihan kerja dalam menanamkan keyakinan bagi pengguna utama mereka. Ingat...pengguna google tidak hanya segelintir orang, dan kita harus sadar ada orang yang berbayar menggunakan jasa google untuk keperluan perusahaan dan produk mereka. Hal ini berhubungan dengan reputasi mereka untuk menjaga pelanggan jasa google dalam mengkampanyekan produk atau perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu secara bersih (tanpa kecurangan). Intinya kita hanya orang biasa yang menggunakan google dengan gratis, jadi jangan macam-macam dengan penerapan SEO kotor (black hat seo), jangan sampai menggunakan trick seo gantung diri yang dapat membunuh blog anda. Adapun beberapa trick SEO yang dianggap curang dan dilarang keras oleh google adalah sebagai berikut.

1. Cloacking
Cloacking adalah penerapan teknik seo, baik dengan perangkat lunak (software) atau SEOmoz google sendiri dimana pengoptimalan desain website atau situs tertentu sehingga pengunjung melihatnya berbeda dengan mesin pencari (search engine). Cloaking mengacu pada praktek menyajikan konten yang berbeda melalui URL yang anda sajikan untuk pengunjung ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari.  Hal ini meliputi penipuan berupa melayani konten yang berbeda dari hasil yang sesungguhnya dan tidak sesuai dengan URL tersebut.

Contoh kasus, pembuat mobil BMW memberikan gambaran penerapan teknik ini beberapa tahun yang lalu. Secara khusus, website BMW Jerman tersebut menggunakan "halaman pintu (doorway page)" yaitu dengan menaburi halaman dengan kata kunci pilihan. Tujuannya untuk menarik perhatian dari sistem index Google. Kata kunci yang ditunjuk adalah "mobil bekas". Ketika pengguna google mengetik "mobil bekas", mereka menemukan situs BMW berada di puncak SERPs Google. Secara alami mereka tergoda meng-klik situs tersebut. Selanjutnya mereka banyak kecewa, karena yang terjadi kemudian mereka sampai ke situs yang tidak mereka harapkan. Selebihnya gara-gara optimasi SEO seperti itu klik link promosi penjualan BMW meningkat, sehingga membengkakkan pembayaran promo iklan berbayar BMW tersebut. Curang bukan?

Kasus di atas mungkin tidak terlihat sama dengan yang dilihat manusia, namun berbeda dengan crawler google yang akan melakukan redirect langsung ke halaman utama BMW tersbeut. Jadi hasilnya BMW akan bertengger di puncak mesin pencari walau dengan kata kunci yang tidak berhubungan, seperti kata kunci "mobil bekas". lalu bagaimana dengan hukuman BMW atas cloacking yang dilakukan? Sudah pasti google menendang situs BMW keluar dari index. Selanjutnya sebagai insinyur Google, Larry Page dan Matt Cutts menjelaskan dalam posting blog tahun 2006. Silahkan lihat video cloacking versi 2011.

2. Doorway Pages
doorway page
Teknik serupa dengan cloacking adalah dengan menanamkan kata kunci pada suatu artikel untuk mendongkrak salah satu situs tertentu atau sering di sebut Doorway Page. Doorway Pages biasanya disetting pada artikel berkualitas rendah, di mana setiap halaman dioptimalkan untuk kata kunci atau frase tertentu. Dalam banyak kasus, teknik ini ditulis untuk mengejar peringkat frase tertentu dan kemudian disalurkan ke tujuan tunggal.Misalnya anda mempunyai dua blog, Penjualan Motor dan BMW. Namun semua artikel pada blog penjualan motor ditanamkan kata kunci "BMW" terlalu banyak dengan tujuan mengangkat blog BMW, maka itu juga akan memberikan result page tinggi terhadap landing page (halaman yang tujuan). Apalagi kalau artikel tersebut memuat URL blog BMW, maka jelas-jelas anda mejalankan teknik black hat seo. Kalau hal ini sekali atau dua kali dilakukan, mungkin tidak masalah. Namun kerja ini harus anda lakukan berulang kali agar dapat meningkatkan result page BMW. Kalau sudah begini, tinggal menunggu situs anda tertangkap googlebot, karena dia meng-index keanehan tersebut. Kesimpulannya Doorway Page adalah jalan singkat yang dapat membawa pengunjung dari satu situ kepada situs lainnya di luar situs tersebut.

3. JavaScript Sneaky atau javascript pengalihan
Biasanya seo master menggunakan script pengarah otomatis ke salah satu link. Walau artikelnya tentang motor, namun kalau ditanamkan kata kunci motor tersebut diredirect ke BMW, tentunya akan menuju ke situs tersebut. Selanjutnya kalau anda mengkilk motor, otomatis anda diarahkan ke BMW. Sampailah anda ke situs yang menurut anda tidak anda harapkan sama sekali. Suatu teknik pemaksaan bukan?

Ketika Googlebot mengindeks halaman yang berisi JavaScript, ia akan mengindeks halaman tertentu, tetapi tidak dapat mengikuti atau mengindeks link tersembunyi dalam JavaScript itu sendiri. Ini dianggap sah. Namun, penggunaan JavaScript dengan maksud untuk menipu mesin pencari adalah tidak. Misalnya, menempatkan teks yang berbeda dalam JavaScript dengan tag tanpa script dianggap tidak melanggar. Tujuannya menampilkan konten yang berbeda bagi pengguna (yang melihat teks berbasis JavaScript) berbeda dengan cara melihat mesin pencari (yang melihat teks noscript-based). Ketika script itu ditanamkan link yang mengarahkan ulang pengguna ke halaman yang berbeda dengan maksud untuk peningkatan rating, inilah yang membuat anda akan bermasalah. Ketika link redirect tertanam dalam JavaScript, indeks mesin pencari halaman asli akan mengikuti link, sedangkan pengguna diarahkan ke target redirect. Seperti cloaking, praktik ini memperdaya dengan konten yang berbeda untuk pengguna dan Googlebot. Sebagai contoh anda bisa pelajari contoh javascript di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'><script type='text/javascript'>
function autoLink(){
this.keywdHref = new Object();
this.add = function(keyword, href){
if(keyword.substr(0,1) != &quot; &quot;){keyword = &quot; &quot; + keyword;}
this.keywdHref[keyword] =  href;
}
this.createAnchor = function(){
var objs = document.getElementsByTagName(&quot;div&quot;);
for(var i=0; i&lt;objs.length; i++){
var obj = objs[i];
if(obj.className.indexOf(&quot;post-body&quot;)&gt;-1){
var content = obj.innerHTML;
for(var keyword in this.keywdHref){
var href = this.keywdHref[keyword];
var newstr = content.replace(keyword, &quot;&lt;a href=&#39;&quot;+href+&quot;&#39;&gt;&quot;+keyword+&quot;&lt;/a&gt;&quot;, &quot;gi&quot;);
obj.innerHTML = newstr;
content = newstr;
}
}
}
}
this.startScript = function(){
var onLoad = window.onload;
window.onload = function(){
if(onLoad){onLoad();}
setTimeout(&quot;f.createAnchor()&quot;, 100);
}
}
}
</script>
<script type='text/javascript'>
var f = new autoLink();
f.add(&quot;cara&quot;, &quot;http://blogonol.blogspot.com/&quot;);
f.startScript();
</script></b:if>

Kalau anda pasang script ini di blog anda (pasang di bawah kode kode </body>) maka setiap anda mengetikkan kata cara (tanpa huruf besar), akan di redirct langsung ke blog saya. Walau blog ini minim kata kunci cara, namun saya memasukkannya ke judul agar relevan dan tidak melanggar ketentuan. Bayangkan kalau saya mangganti alamat blog (tulisan merah) dengan alamat blog lain, tentunya setiap saya mengetik cara akan di arahkan ke sana. Itu salah satu contoh Black Hat SEO dan ini di benci oleh google.

4. Membeli Link Serampangan
seo mistake
Membayar broker link atau berpartisipasi dalam skema direktori link berbayar yang bertujuan mendapatkan sejumlah link ke situs anda. Tampilan direktori ini biasanya menarik dan terlihat sangat meyakinkan. Alasannya bahwa faktor peningkatan rank google juga memperhitungkan banyaknya link berkualitas pada blog anda, tentunya dengan link yang mempunyai konten yang sama dengan situs anda.

Suatu hal berbahaya dalam menerapkan pembelian link adalah dengan ditemukannya link yang ternyata beralamat ke situs spam. Mungkin saja situs tersebut dilarang karena kecurangan, sehingga bila anda mendapatkan link dari mereka, maka situs anda juga akan ikuti dicermati google sebagai situs pendukung situs spam. Kemungkinan lainnya dapat dikatakan situs parasit, karena hanya bisa numpang pada link yang anda beli tadi.

Google dan sebagian besar mesin telusur lain menggunakan tautan untuk menentukan peringkat situs dalam hasil telusur Google. Memang pada dasarnya peringkat situs juga ditentukan link berkualitas dan relevan dengan konten anda.Namun, beberapa SEO dan webmaster terlibat dalam praktik membeli dan menjual tautan yang kurang berkualitas dan menduduki peringkat tinggi dengan keburukan spam, tidak mengindahkan kualitas tautan, sumber, dan akibatnya situs mereka terpuruk pada jurang yang dalam. Pembelian tautan atau penjualan yang melewati Peringkat Laman situs pembeli dianggap melanggar pedoman Google dan dapat berimbas negatif pada peringkat situs dalam hasil telusur.

5. Duplikasi Konten
Jika operator Situs Web menawarkan konten yang sama pada beberapa halaman, subdomain, atau domain, dapat menghasilkan lalu lintas tambahan dan peringkat yang lebih tinggi, ini di sebut Duplikat Konten. Dalam beberapa kasus, konten di seluruh domain sengaja digandakan untuk memanipulasi peringkat mesin pencari atau memenangkan lebih banyak lalu lintas. Praktik penipuan seperti ini dapat mengurangi pengunjung, ketika mereka melihat konten yang sama secara substansial diulang dalam satu set hasil pencarian. trick atau cara ini dianggap briliant, sayangnya diangga pelanggaran Panduan Webmaster Google, dan dapat membuat situs anda ditendang keluar dari indeks.

Contoh lain kadang-kadang dalam mendapatkan konten diduplikasi adalah melalui program afiliasi yang menawarkan konten asli sangat sedikit. Konten otomatis yang dikemas dengan suatu kata kunci akan dapat terdongkrak hasil pencarian. Mungkin bagi pengunjung, hal ini tidak nampak, namun tidak terembunyi untuk googlebot sebagai polisi google. Hukumannya blog anda akan tergores, kemudian dimodifikasi pada ranking minimal (turun secara drastis).

6. Keyword Stuffing
Kata kunci yang digunakan pada setiap halaman web merupakan faktor utama dalam peringkat halaman, tapi itu ide buruk untuk menggunakannya tanpa pandang bulu atau menipu. "Pengisian kata kunci" yang mengacu pada praktik memuat laman web dengan kata kunci sebagai usaha memanipulasi rangking situs dalam hasil penelusuran Google dianggap stuffing dan dapat membahayakan peringkat situs.

Saran saya, fokus pada pembuatan isi yang berguna dan kaya informasi dengan menggunakan kata kunci yang wajar dan sesuai konteks. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci untuk mengoptimalkan kinerja SEO situs anda, sehingga melebihi apapun kepadatan kata kunci alami pada web anda.

7. Hiddden Link
Kebanyakan orang memahami hidden link atau teks tersembunyi seperti teks putih pada latar belakang putih. Namun pada persoalan lain, hidden link dapat juga dilakukan dengan menyeting memasukkan javascript pada link yang disembunyikan. Sekarang mari kita lihat contoh link yang dibahas Matt Cutts

hidden link

Kalau dilihat dengan mata pengunjung biasa, paragraf di atas tidak menunjukkan link selain hypper link berwarna biru walau anda mengarahkan kursor pada semua teks di atas. Namun, tahukah anda kalau beberapa kata pada paragraf di atas dipasang link tersembunyi. Sekarang silahkan simak format link dengan tembahan script seperti gambar di bawah ini.

hidden link

Kata mission dan filmmakers adalah link tersembunyi. Ini ndapat meningkatkan rank suatu situs ketika salah situs lainnya yang populer menerapkan trick ini. Ini termasuk black hat seo tidak disukai google.

Menyembunyikan teks atau tautan di dalam isi artikel dapat membuat suatu situs dianggap tidak dapat dipercaya karena informasi yang ditampilkan di mesin telusur berbeda dari tampilan untuk pengunjung. Trick ini biasanya dilakukan dengan cara, antar lain:
  • Menggunakan teks putih pada latar belakang putih
  • Teks di balik paragraf
  • Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks
  • Menyeting ukuran font menjadi 0 px
Tautan tersembunyi adalah tautan yang dimaksudkan untuk dirayapi oleh Googlebot, tetapi tidak terbaca oleh manusia. Jika situs anda dianggap berisi teks dan tautan tersembunyi yang sengaja untuk memperdaya pengunjung, situs anda dapat dihapus dari indeks Google, dan tidak akan muncul pada laman hasil telusur.

Baiklah, sampai di sini dulu penjelasan saya tentang Trick SEO Gantung Diri, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua. Amin. Silahkan download Istilah-istilah SEO untuk menambah pengetahuan anda tentang SEO. Sampai ketemu lagi pada artikel SEO lainnya. Salam pesahabatan blogger dan sukses selalu.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.