Kata Kunci untuk Optimalisasi blog

Kata Kunci untuk Optimalisasi blog

18 Comments

Keyword atau kata kunci dalam sebuah blog merupakan hal penting. Hal ini berhubungan dengan indeksi mesin pencari untuk lebih efisien dalam melakukan pencarian, sehingga blog anda akan secara cepat dapat ditangkap untuk menempatkannya di bagian atas hasil pencarian. Bukan hanya itu saja...kata kunci juga sangat erat kaitannya dengan indeksi kata yang lagi terkenal atau setidaknya kata-kata gampang yang sering digunakan orang dalam melakukan pencarian. Tentunya ini berhubungan dengan kata kunci dengan yang anda gunakan pada blog anda. Baiklah mari kita kenali apa itu kata kunci dan jenis-jenisnya, serta bagaimana mengoptimalkan kata kunci tersebut agar mudah dan cepat di indeks mesin pencari. Sebenarnya ada beberapa tipe kata kunci, namun akan saya jelaskan tiga kata kunci yang mudah dan sering digunakan...serta bagaimana mengoptimalkannya.

1. Kata Kunci Browsing
Kata kunci ini adalah kata kunci yang digunakan dalam melakukan pencarian. Kata kunci ini berhubungan dengan judul posting anda. Biasanya kata kunci ini digunakan para pengunjung untuk mencari sesuatu di dunia maya (bukan menjari luna maya bro). Selama pencarian tahap pertama melalui mesin pencari umumnya mereka menggunakan kata kunci biasa. Misalnya, pencarian untuk kata kunci blog, maka kata kunci yang mungkin digunakan dalam mesin pencari adalah:

Cara membuat blog (kata ini biasanya di gunakan oleh blog yang membahas tutorial, trik, dan tips)
Optimalisasi blog (kata ini banyak digunakan oleh blog yang membahas seputar masalah seo)

Oleh karena itu jangan heran bila anda kawan-kawan blogging yang memberi judul pada posting mereka seperti ini.

Cara mudah membuat blog 
Cara Mengoptimalisasi blogspot

Semua kata kunci di atas berhubungan dengan kata kunci singkat seperti: blogging, blogger, blogspot, trik blogger, blogger tips, blog tutorial, dan lain sebagainya. Saya sarankan bila blog anda berbahasa Indonesia jangan terlalu banyak memuat bahasa inggris, karena itu tidak terlalu efektif untuk indeksi mesin pencari. Disamping itu umumnya orang menggunakan kata kunci bertujuan untuk mencari informasi saja dan ini  biasanya mempunyai volume pencarian yang sangat tinggi. Mendapatkan peringkat 10 besar untuk kata kunci ini cukup sulit karena sangat kompetitif.

Satu-satunya peluang untuk mendapat ranking yang bagus di kata kunci ini adalah mencari kata kunci yang persaingannya sedikit, namun mempunyai kedekatan dengan kata kunci dasar atau kata kunci singkat yang banyak digunakan orang. Misalnya membuat blog dengan mudah. Ini suatu alternatif judul yang patut anda pertimbangkan.

Saran selanjutnya biasakan anda ping blog anda setiap kali setelah anda memposting artikel. Hal ini sangat membantu anda untuk mempercepat posting anda di indeks mesin pencari. Hal ini pernah saya rasakan ketika saya memposting artikel Cara Membuat Efek Transisi Pada Gambar. Setelah saya ping dan saya cek hasilnya ternyata menempati menempati 10 besar, kalau anda mencarinya dengan menambahkan membuat efek transisi anda bisa lihat keajaibannya...hehehheee. Silahkan anda cek di mesin pencari.

2. Kata Kunci Pembanding

Kata Kunci pembanding adalah bagaimana anda berpikir ketika pengunjung web ingin mencari  sesuatu. Di sini mereka sudah mempersempit pilihan mereka, karena umumnya mereka sudah tahu jenis produk, informasi secara spesifik yang mereka inginkan. Misalkan mereka mencari efek transisi, maka kata kunci panjangnya yang mereka ketik kemungkinan besar efek transisi pada gambar atau image, selanjutnya kemungkinan yang paling besar kata-kata yang mereka ketik adalah membuat efek transisi pada gambar. Lebih spesifik lagi mereka kemungkinan akan mengetik cara membuat efek transisi pada gambar di blog. Coba beberapa kata ini anda ketik di mesin pencari.

Orang yang menggunakan “kata kunci untuk membandingkan” lebih cepat untuk  mendapatkan sesuatu. yang mereka cari Artinya mereka tidak sekedar mencari informasi, tetapi berniat untuk mendapatkan atau malah membeli sesuatu yang anda tawarkan. Kesimpulannya kata kunci pembanding akan lebih baik dan lebih cepat ditemukan dalam pencarian di dunia maya.

3. Multiple Keywords

Search engine menganalisa semua halaman website Anda dan menempatkannya ke dalam kategori. Dimulai dengan Multiple Keywords dan kemudian memperpanjang daftar kata kunci Anda. Jika Situs Anda menyediakan tutorial, Anda harus mengoptimalkan halaman web tersebut untuk kata kunci seperti tips, trik, cara mudah, blogger trick, blogging tips, dan kata kunci lainnya yang berhubungan terlebih dahulu.

Jika setiap kata kunci yang ada di situs Web Anda mendapatkan peringkat yang bagus di Search Engine (misalnya kata kunci tentang tutorial yang kita sebutkan di atas), maka Search Engine akan menemukan bahwa website Anda Relevan dengan topik tutorial, setelah itu Search Engine menentukan situs Web Anda dengan relevansi topik yang anda tulis, maka akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Volume pencarian Keywords for Comparing ini sedikit lebih rendah daripada Keyword for browsing, namun variasi kata kuncinya menjadi lebih banyak dan Anda pun akan memperoleh kesempatan lebih besar untuk mendapatkan 10 peringkat teratas di mesin pencari.

Beberapa saran untuk mengoptimalkan kata kunci.

Jangan menggunakan kata kunci tunggal. Kata kunci tunggal atau dalam bahasa kerennya single keyword tidak dapat dipromosikan secara efektif. Misalnya, tidak mungkin seseorang yang mencari "efek transisi" hanya mengetikkan "efek" atau “transisi” ke dalam kotak pencarian. Misalkan yang gila lagi tidak mungkin ketika anda mencari cara membuat blog hanya mengetik blog, cara, atau membuat. Kata kunci tersebut akan membawa pencarinya kehalaman berbahasa inggris dan terus terang bila anda gagap bahasa tersebut bisa bikin pusing anda sendiri.

Hindari frase kata kunci paling populer karena Anda akan bersaing dengan jutaan halaman lainnya untuk menarik perhatian Search Engine. Adalah tidak realistis untuk berpikir bahwa situs  baru akan mendapat peringkat nomor satu pada sebuah frase yang populer seperti "trik, tips, tutorial". Banyak blog yang telah berkecimpung pada bahasan itu. Kalau anda mau juga menggunakan kata kunci populer, siasati dengan memberikan judul yang lain. Misalkan Cara Membuat blog, maka anda bisa memberi judul cara mudah membuat blog, membuat blog dengan mudah, membuat blog dalam lima menit. Silahkan anda gunakan link ini untuk cek optimalisasi kata kunci Google Adword. Kalau mau mencek berita populer di sini atau kata kunci populer di sini

Gunakan Bantuan Ping Service untuk mengoptimalisasi blog anda. Ping ini akan mengirim blog dan info yang ada pada blog anda di setiap mesin pencari dan pertikel untuk indeksi yang akan di tampilkan secara cepat. Kalau ini merupakan cara mudah untuk mengoptimalkan posting atau blog anda pada mesin pencari, kenapa tidak anda lakukan. Gunakan apa saja untuk mempermudah anda dan lakukan beberapa peluang yang akan mendukung optimalisasi tersebut. Gunakan ping service paling banyak 3 kali dalam sehari atau satu kali anda online dalam rentang waktu minimal lima menit. Kalau anda terlalu sering menggunakan ini, mbah google bisa marah dan mengklaim blog anda sebagai sampah. Artinya jangan keterlaluan bro, karena etikanya bukan hanya kita yang menggunakan jasa ini, jadi berbagilah. Mengenai ping service pilih salah satu di bawah ini.


Jangan Membuat dua kata kunci pada judul posting dengan arti kata yang sama. Misalkan anda membuat kata kunci Tsunami, lalu anda membuat tulisan yang judulnya Gelombang Pasang Tsunami Melanda Jepang. Hal ini menjadi duplikat kata kunci yang tidak di senangi mbah google, karena kata tsunami adalah sama pengertiannya dengan gelombang pasang yang menimpa daratan yang biasanya timbul setelah gempa. Lebih jelasnya pemborosan kata yang tidak efektif....heheheeee

Mungkin ini sementara yang dapat saya bagi. Terus terang saya bukan seo master, namun hanya mengerti sedikit yang semoga bermanfaat untuk optimalisasi blog anda. Kalau ada kesalah saya mohon petunjuk dari para master untuk menambah ilmu saya dan mengembahkan blog ini ke arah yang lebih baik. Terima Kasih


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.