10 Tips Membuat Judul yang Seo Friendly

10 Tips Membuat Judul yang Seo Friendly

18 Comments

cara membuat judul yang seo friendly
Sebelumnya saya pernah memposting 7 tips seo terbaik untuk mendukung kinerja blog agar menjadi lebih baik. Pada tips pertama saya mencantumkan riset kata kunci yang sangat penting dilakukan agar konten atau artikel dapat menduduki posisi yang baik dalam hasil pencarian mesin pencari. Kata kunci ini terkait erat dengan judul suatu konten, artinya judul terkait langsung atau dapat dikaitkan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Judul adalah bagian penting dari struktur keseluruhan konten. Hal ini karena judul sebagai penentu keberhasilan untuk mendatangkan pengunjung. Dengan kata lain judul dapat membangun atau menghancurkan artikel bila tidak diperhatikan dengan seksama. Judul posting yang baik adalah judul yang diperkaya dengan kata-kata kunci dinamis dan relevan dengan konten, sehingga pembaca dapat mencicipi bagian manis suatu artikel.
Judul postingan merupakan penggambaran singkat suatu artikel yang terangkum dalam kata-kata singkat. Karena ini pula judul menjadi perhatian pertama dari robot perayap mesin pencari dalam mengindeks seluruh konten pada suatu blog. Intinya judul posting tidak hanya dapat meningkatkan pengunjung blog, tetapi juga memiliki arti penting terhadap seo suatu blog.
Apakah Judul Posting Dapat Berpengaruh Terhadap SERPs (Search Engin Result Pages)?
SERPs adalah Halaman Hasil Pencarian Search Engine. Lebih dari 95% pengguna Google mencari query pada halaman pertama. Jarang sekali ada yang mengklik tombol berikutnya untuk melihat hasil pencarian selanjutnya. Jadi selama artikel berada di halaman pertama, lalu lintas organik akan menjadi keberuntungan tersendiri. Di sinilah judul memainkan peran penting dalam membawa lalu lintas ke blog anda. Lalu lintas utama didasarkan pada judul posting dan kemudian dilihat dari isi konten.  
Ketika Bots merangkak blog, mereka mencari semua data yang relevan dalam judul terhadap isi konten, Deskripsi, kata kunci yang dicetak tebal, miring, atau digaris bawah, berita utama dan semua tag gambar. Jadi semuanya penting dan berhubungan dengan judul yang relevan terhadap konten.
Mengoptimalkan judul yang baik terkadang menjadi masalah kebanyakan blogger. Alasan utamanya karena kurangnya pengetahuan akan hubungan judul dengan kata kunci yang dapat membuat suatu konten menjadi seo friendly. Sekarang saya akan berikan 10 tips membuat judul yang seo friendly. Ikuti 10 tips membuat judul yang seo friendly berikut ini.

1. Menggunakan Kata Kunci Sederhana
Buatlah judul yang singkat, padat, menarik, dan mudah dimengerti. Gunakan kata kunci sederhana dan umum pada judul artikel. Bayangkan kata kunci yang banyak digunakan ketika orang akan mencari sesuatu pada mesin pencari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan artikel akan keluar pada halaman pertama hasil pencarian. Jangan memilih judul tidak logis karena dapat mempengaruhi SEO artikel dan bisa menyesatkan pembaca.
Ingat!!! posisi anda sebagai pemberi informasi yang berkualitas pada pengunjung, sehingga memilih judul gila dan sangar sekalipun harus tetap sederhana, karena Google mencintai kesederhanaan.
2. Menulis Judul Posting yang Relevan dengan Konten
Kadang ada judul yang sederhana namun sanggup membuat pembaca tertarik. Tugas selanjutnya menyediakan informasi yang akurat dan relevan pada konten. Kadang ada juga judul yang bombastis mengenai mobil, namun yang dibicarakan malah motor harley davidson keluaran terbaru. Ini gak nyambung dan merupakan kerja konyol. Jangan sampai kekonyolan ini membuat kehilangan pembaca setia anda. Pilihlah judul yang sesuai dengan isi artikel.

3. Membuat Judul Posting Deskriptif:
Judul memberi ide kepada pembaca tentang isi artikel, artinya judul memberikan pengetahuan dasar kepada pembaca tentang topik yang dibahas dalam artikel. Kita dapat menggunakan kata kunci kreatif untuk membuat judul unik, tapi kita harus lebih memikirkan keselarasan judul dengan konten.

4. Gunakan Sinonim Untuk Membuat Judul Posting Yang Unik
Umumnya para blogger sering melakukan pencarian untuk memeriksa apakah kata kunci yang digunakan dalam judul tidak dipakai oleh orang lain. Akhirnya kita bisa melihat kalau semua kata kunci sudah digunakan. Dalam situasi ini, kita dapat menggunakan teknik tata bahasa yang akan memberi kita arti kata kunci yang sama dengan kata-kata yang berbeda atau sinonim. Pada dasarnya sinonim adalah kata-kata yang hampir sama atau serupa dalam arti, misalnya kata Kreatif pada judul dapat diganti dengan Artistik, Unik, dan lain sebagainya. Contohnya saya mengganti kata tutorial dengan cara.
Penggunaan sinonim pada judul dapat menjadi pengganti target konten yang sama tetapi dengan kata kunci yang berbeda.
5. Membuat Judul Pendek
Cobalah untuk menggunakan judul pendek tapi cerdas. Judul posting kecil atau pendek akan memberitahukan bots mesin pencari bahwa kita hanya menawarkan konten niche tertentu, dan ini adalah alasan untuk mempertahankan kualitas dalam postingan. Cobalah untuk membuat judul sesingkat mungkin dan pastikan tidak pernah melebihi 75 batas karakter.
Untuk menjaga kualitas judul, saya sarankan untuk menggunakan 60 karakter dalam setiap judul artikel.
6. Menggunakan Kata Trendi di Judul Post
Cobalah menggunakan kata-kata trendi dalam judul artikel untuk menarik perhatian pembaca. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan lalu lintas blog, tetapi juga akan memainkan peran penting dalam membangun audiens. Kalau membuat artikel tentang perawatan wajah menggunakan bahan alami, anda dapat mencoba "Rahasia Awet Muda Secara Alami", judul ini sederhana tapi menarik.

7. Menggunakan Kata Kunci Penting dalam Judul
Kata kunci yang kaya dan dinamis memainkan peran penting untuk membangun pembaca, sehingga harus dipilih kata kunci yang pas dan sesuai konten, agar pengunjung dapat menikmati isi konten dengan kekayaan kata kunci yang disuguhkan pada judul artikel. Semakin baik kata kunci pada judul, maka semakin banyak orang tertarik akan artikel yang dibuat.

8. Membuat Judul Posting Bergaya Pertanyaan
Terkadang perlu membuat judul yang mengandung pertanyaan. Hal ini untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca. Disamping itu judul dengan gaya pertanyaan dapat menjadi cara yang paling efektif untuk mendapatkan perhatian pembaca. Misalnya menggunakan kata Bagaimana, Apa, dan lain sebagainya. Contohnya seperti artikel saya yang berjudul Mau Menjadi Blogger Seperti Apakah Anda

9. Judul Yang Menggelitik (lucu)
Terkadang judul yang lucu juga dapat dijadikan keunikan tersendiri bagi konten anda. Hal ini agar pengunjung tidak terlalu stress melihat judul yang berat dan menggunakan kata-kata asing yang canggih. Apalagi anda bisa membuat konten dengan permainan kata-kata unik, sederhana, dan lucu, maka saya yakin artikel yang ditulis akan banyak pengunjungnya dan menjadi keunikan tersendiri sebagai ciri khas blog anda.

10. Jadilah Unik dan Jadilah satu - Peraturan SEO
Judul yang unik selalu membuktikan keterkaitan pada konten dan saling terhubung. Oleh karena itu judul yang unik dapat memperoleh peringkat tinggi di SERP dan karenanya tidak hanya meningkatkan lalu lintas blog, tetapi juga memiliki dampak besar dalam SEO artikel atau konten yang dibuat.
Google mencintai keunikan, tidak peduli pada konten atau judul.
Demikian 10 tips membuat judul yang seo friendly. Dengan tip-tip di atas kita dapat memilih dan membuat judul artikel yang sempurna untuk blog dan website.

Ingat!!! Judul merupakan jantung dari konten, sehingga kesalahan konyol bisa mendorong memecahkan posting kejurung kehancuran, termasuk blog anda sendiri.
Selamat mencoba dan sukses selalu


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.