Menjadi Blog Walker yang Berhasil

Menjadi Blog Walker yang Berhasil

20 Comments

blog walker
Blogwalking adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung...yaitu mengunjungi beberapa blog orang lain lalu meninggalkan komentar tertentu dan mengharap kunjungan balik dari dari pemilik blog tersebut. Usaha satu ini banyak dilakukan para blogger, karena termasuk cara jitu untuk meningkatkan pengunjung ke blog kita. Namun sebelum anda melakukan blogwalking sebaiknya anda ketahui dulu hal mendasar tentang blog walking, karena ini akan berpengaruh terhadap empunya blog yang anda kunjungi tersebut mau berkunjung atau tidak ke blog anda.

Blog walking itu terkadang perlu juga dilakukan, namun saya rasa anda perlu mengatur intensitas kunjungan anda, karena terlalu banyak blog walking bisa menyebabkan anda stress atau malah inpotent...seperti yang pernah di tulis sahabat bloggernas...(heheheee ane setuju dengan pendapat ente). Saya tidak mengatakan bahwa blog walking adalah usaha satu-satunya yang sangat baik untuk meningkatkan pengunjung. Saya hanya mengatakan perlu (sekali-sekali), yang jelas sebelum anda blog walking ada beberapa modal dulu yang harus anda persiapkan. Hal ini berhubungan seeprti kita mau berkunjung ke rumah orang, tentunya ada etika yang harus kita patuhi, begitu juga ketika kita ingin berkunjung ke blog lain...ok gan?

Kesalahan-kesalahan kecil bisa saja membuat usaha blog walking anda tidak membuahkan hasil. Mungkin anda blog walking ke 200 blog dalam sehari, tapi yang berkunjung balik hanya 2 orang, bukankah itu suatu hal yang merugikan. Mungkin ini jarang kita renungi...namun ini kenyataan yang pernah di alami beberapa kawan-kawan blogger sebelum blog mereka menjadi terkenal...(heheheeee...selebritis kali yaaa

numpang iklan darurat ..... 1 lagu biar kita tetap semangat...)
Mari kawan semua........
jangan melamun saja.......
dengarkan lagu gembira.......
kita berjoget bersama.......
maaaarrriiiilllaaahhhh.......

Ok ... mari kita koreksi apa saja yang diperlukan sebelum kita blog walking....

Usahakan Blogwalking pada blog yang mengupas masalah yang sama, atau blog yang sepadan mengenai isi blog anda. Bukannya tidak boleh untuk berkunjung dengan blog yang bukan membahas hal yang tidak sama, tapi utamakan dulu blog padanan anda. Keuntungannya anda bisa berbagi dan berpengaruh pada peningkatan ranking blog anda. Apalagi kalau blog itu dofollow, anda komentar sudah meninggal point link untuk blog anda. Usahakan cari blog yang baru atau masih sedikit pengunjungnya, karena biasanya blog ini masih giat untuk blog walking juga. Tapi kalau anda bingung, cari aja kawan sebanyak-banyaknya....hehehheeeee, karena terus terang ane juga bingung menjabarkan pada ente yang bingung hehehheeee :)..

Komentar yang Berbobot
Hal pertama ketika kita berkunjung ke blog orang lain yang perlu dipersiapkan adalah mau membaca postinganorang dengan suka rela atau dengan senang hati. Manfaatnya anda bisa belajar dari postingan tersebut. Jangan hanya membaca hanya judul dan alenia pertama aja lalu langsung komen...

misalnya "wah postingannya bagus gan...ane langsung coba. makasih dan ditunggu kunjungan baliknya". Atau "trik yang bagus, ditunggu kunjungan baliknya...makasih" atau yang lebih parah lagi "blog walking....ditunggu kunjungan baliknya boss..."

Kalau hanya komentar begini paling yang punya blog hanya reply komentar aja di blog dia....Coba anda bayangkan ketika anda mempunyai lumayan pengunjung tetap tiap harinya di blog anda...mungkin anda juga juga akan malas merespon pengunjung yang begian. Oleh karena itu baca lalu layangkan opini anda dalam bentuk komentar, kalau kurang mngerti tinggalkan pertanyaan...biasanya si empu blog akan merespon komentar yang berbobot.

Mempunyai Niat Menjadi Reader 
Memang susah kalau kita gak punya niat untuk hal demikian, padahal dengan menjadi reader kita juga mendapat keuntungan pengetahuan dari postingan blog lain. Menjadi pembaca yang baik akan dapat menangkap maksud dari postingan blog yang kita kunjungi, lalu coba tinggalkan komentar atau mungkin kita link blog tersebut, asal isinya bagus dan membangun alias memberi pencerahan. Ketika hal ini anda lakukan, anda tidak perlu mengharap kunjungan, tapi yang  punya blogpun akan senang hati berkunjung ke blog anda lain kesempatan.

Sering Update Tulisan
Update Tulisan anda secara berkala, walau itu hanya tulisan ringat namun usahakan mempunyai bobot yang bersaing. Kalau anda susah untuk nulis, belajar pada blog-blog yang menyediakan tips untuk membangun kreatifitas dalam menulis. Saya rasa pada awalnya juga banyak blogger yang blo'on, termasuk ane, tapi kan kita bisa belajar dan itu akan berkembang seiring waktu yang berjalan. Jangan sampai kita ditindas waktu dengan kebodohan kita sendiri. Kalau mau gak repot, copas aja...tapi ingat harus cantumkan sumbernya...karena itu sangat sensitif. Trik untuk menampilkan sumber tidak harus di bawah posting, bisa anda sisipkan diantara posting. Contohnya anda bisa lihat di sini, saya menampilkan yang punya script di dalam postingan. Masalah Tulis Menulis sekali-sekali anda tulis sesuatu hal yang kontroversi, itu untuk memancing pengunjung blog anda untuk bertanya, sehingga besar kemungkinan dia akan merespon posting anda melalui komentarnya.

Usahakan Tampilan Blog Juga Menarik
Ini salah satu membuat pengunjung betah berada di blog anda. Dengan tampilan yang menawan dan beberapa keunggulan kemudahan dari blog anda akan membuat pengunjung betah di blog anda, tentunya bukan hanya nongkrong aja gan...dia pasti baca posting anda dan bertanya kok bisa tampilannya seperti ini ya...? kalau bikin ini gimana ya...? ini kayaknya bagus di pasang di blog aku....? Jadi ane saranin perbaiki tampilan blog anda, jangan terlalu yang banyak pernak-pernik, simpel aja tapi menarik...

Jangan Bersedih Mempunyai Pengunjung Sedikit
Jangan sedih sahabat, kalau anda miskin pengunjung...karena perlu anda pertanyakan pengunjung atau reader. Pengunjung hanya sekedar lewat tapi kalau reader dia akan belajar dengan semua yang ada pada tampilan blog anda, terutama postingan. Tidak sedikit kok blog bagus yang pengunjungnya sedikit, tapi postingannya sangat berbobot. Maka dari itu tidak perlu sedih dengan miskinnya pengunjung, tapi bersyukurlah dengan mempunyai pengunjung benar-benar orang yang mau berbagi, belajar, mungkin benar-benar sahabat anda. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan dia akan curhat...tapi jangan ke bablasan yaaa heheheee :)

Berkunjung ke Followwer
Hal ini juga jarang terjadi, padahal followwer adalah sahabat bagi kita. Jangan mengabaikan mereka, karena mereka termasuk aset dalam menentukan seo blog anda. Kunjungan anda akan membangkitkan perhatian mereka kepada blog anda, atau beri mereka semangat, tentu dia juga akan sayang pada anda, minimal blog anda. Tapi sekali lagi jangan ke bablasan yaaa hehehehee lagi :)< Setting Komentar
Jangan setting komentar yang menggunakan pernyataan "komentar anda akan muncul jika disetujui" Pertanyakan juga hal ini pada diri anda sendiri, apa anda mempunyai masalah dengan ini? karena mungkin saja hal setting seperti ini kayak orang ketakutan kalau ada pengunjung yang meludah dalam komentarnya (bahasanya bloggernas...ane dapat inspirasi dari sini ... makasih bro). Mungkin kebanyakan blogger akan berharap seperti ini. Komentar anda akan nyaman kalau tidak diverifikasi, apalagi ketika ada tampilan "komentar anda sudah muncul". Nyaman kan kalau begini?



Jujur
Kalau anda memberikan komentar kepada blog orang, itu harus jujur. Jujur itu mahal bro makanya tidak ada orang yang bisa membelinya, kecuali anda membuangnya untuk alasan yang tidak berguna dan merugikan anda sendiri. Berilah komentar yang jujur, dan itu tidak untuk mengetes atau malah sok tahu...karena itu akan membuat anda diabaikan oleh blogger lainnya. Begitu juga ketika ada pengunjung yang datang dan memberi masukan atau malah kritik (yang membangun tentunya), anda harus menanggapinya dengan bijak...karena walau bagaimana komentar tersebut juga akan mempunyai pengaruh pada rating blog anda, jadi berterima kasih aja padanya. Disamping itu untuk mendidik kita lebih tahu dan dewasa dalam menghadapi segala msalah dalam hidup ini, karena menjadi blogger adalah sebuah perjalanan hidup juga, walau dalam dunia yang berbeda dan tak nyata, tapi tetap akan memberi manfaat bagi dunia kita yang lainnya.

Bertukar Link
Ini juga Baik, tapi ada beberapa blogger yang membatasi link ke luar blog mereka. Saya tidak tahu pasti alasannya, tapi itu untuk menjaga kestabilan blog mereka. Jangan marah kalau kamu ngajak bertukar link orang tersebut gak respon...santai aja bro....Bertukar link dengan blog yang senada seirama, (ini kurang lebih dengan point pertama) artinya blog yang mengupas masalah yang sama, misalnya blog bisnis dengan blog yang buat bisnis juga...bisa anda bertukar dengan blog bukan padanannya, tapi itu cukup untuk menjadi sumber untuk belajar. Begitu juga dengan menjadi follower, usahakan dengan blog yang sama yaaa bro, karena ini berpengaruh pada peningkatan ranking blog anda.

Tujuan Menjadi Blogger
Ingat tujuan menjadi blogger sejati adalah membangun persahabatan antar sesama blogger. Karena dengan begitu kita bisa berbagi banyak hal yang positif dan menguntungkan.....Ayo bangun persahabatan sesama blogger.

mungkin hanya itu gan yang dapat ane bagikan, ini tulisan bukan berniat menggurui, hanya mengingatkan kita semua bahwa menjadi seorang blogger itu suatu pilihan yang harus di barengi dengan ketulusan dan tanggung jawab....


''keep spirits and do the best''
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.