Faktor Peringkat Internal Dalam Seo

Faktor Peringkat Internal Dalam Seo

12 Comments

Faktor Peringkat Internal Dalam Seo
Berbicara masalah seo tentunya tidak terlepas dari faktor peringkat internal dan eksternal dalam penerapannya. Faktor internal adalah elemen penting yang dapat mempengaruhi peringkat sebuah halaman yang disebut optimasi ke dalam (seo-on-page). Sedangkan faktor eksternal adalah elemen penting dari luar untuk menunjang pemaksimalan kerja blog pada mesin pencari. Faktor ini dianggap pendukung faktor pertama dan keduanya berhubungan sangat erat.

Faktor peringkat internal dalam seo mempengaruhi posisi sebuah halaman atau situs dalam hasil pencarian. Faktor peringkat internal ini merupakan strategi yang harus diolah dan dikendalikan oleh pemilik website, seperti  pemaksimalan kata kunci, jumlah teks, link teks dan lain sebagainya. Faktor peringkat internal dalam seo sangat penting dan dianggap sebagai penentu hasil mesin pencari. Oleh karena itu kita harus mengetahui faktor internal apa saja yang harus dipakai dan bagaimana cara menerapkannya. Simak penjelasan berikut.

Jumlah teks pada halaman
Sebuah artikel dengan sedikit kata atau hanya terdiri dari beberapa kalimat kurang kemungkinan menempati bagian atas pada daftar mesin pencari. Search engine mendukung situs yang memiliki kandungan informasi yang tinggi. Umumnya, jumlah kata berpengaruh besar untuk meningkatkan konten teks dari suatu situs untuk kepentingan seo. Ukuran ideal suatu artikel adalah 500-3000 kata (atau 2000 menjadi 20.000 karakter). Visibilitas mesin pencari akan mencatat jumlah kata yang berhubungan dengan apa yang diulas dalam artikel. Misalnya anda menulis tentang seo, maka jumlah kata yang menerangkan tentang seo itu akan merangkum kemungkinan kata kunci yang dicari pengguna, yang terdapat dalam tulisan anda. Hal ini merupakan peluang pelebaran informasi mengenai kata kunci dalam bahasan suatu artikel. Ini penting untuk memaksimalkan kinerja kata kunci pada hasil pencarian.

Jumlah kata kunci pada halaman
Kata kunci harus digunakan setidaknya 3 sampai 4 kali artikel. Jumlah kata kunci berbanding banyaknya keseluruhan kata, karena semakin besar artikel, semakin banyak pengulangan kata kunci yang dapat dibuat. Frase kata kunci (kombinasi kata yang terdiri dari beberapa kata kunci) dapat dibuat secara terpisah dan trick ini sangat baik diterapkan. Selain itu, semua kata-kata dari frase kata kunci harus digunakan terpisah masing masing aleneia yang menjelaskan tentang objek suatu tulisan. Artinya tidak semua alenia harus menggunakan kata kunci, namun lebih menekankan pada pemakaian kata kunci sesuai kebutuhan dan penjelasan yang relevan akan kata kunci pada setiap alenia tersebut.

Sebagai contoh perbandingan katika menggunakan kata kunci "baju kantor", maka lebih baik memakai kata kunci "busana kerja" sebagai kata kunci pendukung dan menggabungkan dalam kalimat pada beberapa alenia sebanyak 10 kali. Selanjutnya menggunakan kata "baju" sebanyak 7 kali dan kata "kantor" sebanyak 5 kali pada alenia terpisah. Perbandingan di sini hanya untuk ilustrasi, tetapi trick ini menunjukkan ide seo umum yang cukup baik. Baca Seo Kata Kunci Artikel untuk referens.

Kepadatan Kata Kunci (Keyword Density)
Keyword density pada sebuah artikel merupakan ukuran frekuensi relatif dari jumlah kata dalam teks yang dinyatakan sebagai persentase. Sebagai contoh, jika sebuah kata tertentu digunakan 5 kali pada artikel yang berisi 100 kata, maka kepadatan kata kunci adalah 5%. Nilai optimum untuk kepadatan kata kunci adalah 5% sampai 7%. Dalam kasus frase kata kunci, kita harus menghitung kerapatan total dari masing-masing kata kunci dalam artikel untuk memastikan batas-batas kewajaran. Dalam prakteknya, kepadatan kata kunci lebih dari 7% dan 8% memang tidak memiliki konsekuensi negatif pada penerapan seo, namun dapat mengurangi kejelasan tulisan. Baca Cara Mengoptimalkan Kata Kunci Pada Artikel sebagai referensi.
Jika kepadatan kata kunci terlalu rendah, mesin pencari tidak akan memberi banyak perhatian. Jika kepadatan terlalu tinggi, mesin pencari dapat mengaktifkan filter spam-nya.
Lokasi Kata Kunci pada Artikel
Kata kunci yang terletak pada awal paragraf pertama suatu artikel akan lebih baik dan itu sangat mendukung pengiriman kata kunci pembuka pada mesin pencari. Hal ini memungkin indeks yang lebih baik dan jelas tentang apa yang disampaikan mngenai halaman situs dan mesin pencari memberi perhatian khusu akan kasus ini.
Aturan umum: semakin dekat kata kunci atau frase kata kunci pada awal dari sebuah dokumen, akan lebih berbobot dan penting dimata mesin pencari.
Format Teks
Search engine memberi perhatian khusus pada teks halaman yang disorot atau diberi format khusus.
  • Menggunakan kata kunci dalam judul.
  • Gunakan kata kunci dengan huruf tebal pada beberapa alenia. Tidak perlu semua, karena layout akan menjadi buruk. Kita dapat memberi variasi kata kunci dengan cetak miring (italic) atau menggunaan garis bawah (underline). Kalau anda menggunakan cetak tebal, maka gunakan tag <strong> bukan <b>. Contoh: <strong>cetak tebal</strong> bukan <b>cetak tebal</b>

Tag Judul
Tag judul sangat penting dan sangat diperhitungkan mesin pencari. Kata kunci harus digunakan dalam judul, karena link mengarah kepada suatu situs biasanya ditampilkan dalam hasil pencarian akan berisi teks yang berasal dari tag judul. Ini berfungsi semacam kartu nama virtual untuk suatu artikel yang ditulis. Kata kunci dalam judul artikel juga dianggap sebagai informasi pertama tentang situs anda dan ini merupakan alasan mengapa seharusnya tidak hanya berisi kata kunci, tetapi juga harus informatif dan menarik. Keunikan judul yang informatif akan menggoda orang untuk meng-klick link yang ditampilkan pada hasil pencarian.
Sebagai ukuran panjang ideal judul berkisar 50 sampai 80 huruf (karakter) akan ditampilkan dalam hasil pencarian dan kita harus membatasi panjang judul seperti ukuran tersebut.
Kata Kunci dalam Link
Sebuah aturan seo sederhana adalah menggunakan kata kunci dalam teks link yang merujuk ke halaman atau artikel lain pada suatu situs. Artinya berikan link pada kata kunci dan arahkan ke home page situs anda, ini akan lebih memaksimalkan kerja kata kunci pada mesin pencari.

Tag Alt pada Gambar
Setiap gambar memiliki atribut opsional khusus yang dikenal sebagai "teks alternatif." Hal ini ditentukan dengan menggunakan <ALT> tag. Hal ini karena tanpa tag alt sebuah gambar tidak dapat dikenali oleh mesin pencari. Alt tag akan ditampilkan jika browser gagal untuk men-download gambar atau jika tampilan gambar browser dinonaktifkan. Search engine menyimpan nilai ALT atribut gambar ketika mereka mengindeks halaman, tetapi tidak menggunakannya untuk menentukan peringkat hasil pencarian. Saran saya, gunakan saja alt tag pada gambar, karena akan lebih efektif untuk seo pada gambar dalam artikel. Gunakan juga kata kunci pada tag alt tersebut, karena ini merupakan informasi kepada mesin pencari tentang gambar yang relevan terhadap artikel yang ditulis. Baca Cara Mengoptimalkan Kata Kunci Pada Artikel sebagai referensi.

Deskripsi Meta Tag
Meta tag digunakan untuk deskripsi halaman. Meta tag tidak mempengaruhi proses peringkat seo tapi sangat penting, karena banyak mesin pencari (termasuk Google) menampilkan informasi suatu situs berdasarkan meta tag pada hasil pencarian mereka jika tag tersebut ada pada halaman dan jika isinya sesuai dengan isi dari halaman dan permintaan pencarian.
Pengalaman menunjukkan bahwa posisi tinggi dalam hasil pencarian tidak menjamin besarnya pengunjung. Misalnya, jika pencarian deskripsi hasil pesaing lebih menarik daripada situs anda, maka orang dapat memilihnya, bukan milik anda. Itulah sebabnya penting bahwa Meta Description tag dibuat singkat, tapi informatif dan menarik.
Kata Kunci Meta Tag
Meta tag dengan kata kunci awalnya digunakan untuk menentukan relevansi kata kunci pada artikel pada setiap halaman, namun cara ini hampir tidak pernah digunakan oleh mesin pencari sekarang. Hal ini sering diabaikan dalam proyek seo, namun sangat dianjurkan sebagai pendukung seo. Baca Elemen Penting Dalam Meta Tag sebagai referensi.

Jumlah Artikel
Aturan seo secara umum: semakin banyak artikel maka semakin baik. Peningkatan jumlah halaman di situs dapat meningkatkan visibilitas situs untuk mesin pencari. Setiap informasi baru yang terus ditambahkan ke situs dianggap sebagai pengembangan dan perluasan situs. Hal ini dapat memberikan keuntungan tambahan dalam peringkat. Oleh karena itu kita harus terus menerus membuat artikel secara berkala. Baca Konten Adalah Raja untuk referensi.

Menu Navigasi pada Artikel (landing page link)
Usahakan setiap artikel mempunyai link menuju halaman lain lalu gunakan kata kunci dalam link tersebut. Ini akan memberi signifikansi seo tambahan ke halaman yang dituju. Contohnya, artikel ini yang mempunyai link kepada beberapa halaman lain yang relevan.

Seo untuk Halaman Utama
Optimalkan halaman utama situs anda (nama domain, index.html) untuk kombinasi kata yang paling penting. Halaman ini kemungkinan besar untuk sampai ke bagian atas daftar mesin pencari. Pengamatan seo saya menunjukkan bahwa halaman utama dapat menjelaskan sampai 30% sampai 40% dari lalu lintas pencarian total untuk beberapa situs.

Demikian penjelasan singkat mengenai fator internal seo pada artikel, semoga dapat memberi manfaat bagi semua, amin. Silahkan baca 9 Langkah Penerapan Seo Terbaik dan Seo Sederhana Tapi Jenius sebagai referensi. Selamat menerapkan strategi seo pada artikel untuk hasil yang lebih baik.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.