Elemen Penting Dalam Meta Tag

Elemen Penting Dalam Meta Tag

20 Comments

meta tag
Beberapa waktu lalu saya pernah memposting mengenai title tag. Tulisan tersebut sangat berhubungan dengan bahasan meta tag ini dan saya sarankan anda untuk membacanya sebelum anda melanjutkan menyimak artikel ini. Silahkan baca title tag pintar dan otomatis untuk blogspot. Kalau sudah silahkan lanjut baca artikenya.

Meta tag merupakan hal penting yang harus ada sebagai sumber informasi atau meta data terstruktur mengenai halaman sebuah web. Elemen meta tag dapat digunakan untuk menentukan deskripsi halaman, kata kunci (keywords), dan meta data lainnya yang tidak di sediakan dalam bagian kepala atau heading tag.

Meta tag dan elemennya akan memberikan informasi kepada mesin pencari tentang suatu halaman web, lalu mengindeks dan mengkategorikannya dengan benar. Disamping itu meta tag harus memuat kata kunci sebagai informasi keywords yang relevan terhadap konten dalam suatu web. Oleh karena itu meta tag dianggap penting dalam bidang riset pemasaran sebagai suatu identitas web untuk diinformasikan kepada mesin pencari. Melalui meta data inilah sebuah situs dieksplorasi lalu ditempatkan dalam daftar hasil pencarian menurut peringkat.

Terdapat beberapa meta tag untuk penunjang pemaksimalan kinerja web terhadap mesin pencari. Hal ini bertujuan agar suatu situs seo friendly. Adapun beberapa meta tag tersebut antara lain:

Meta Tag Deskripsi
Meta tag  deskripsi berfungsi sebagai penjelasan spesifik dan terstruktur mengenai isi keseluruhan dari suatu web. Meta tag ini juga berfungsi untuk menginformasikan kepada spider bot mesin pencari dan mengindeks, mendeskripsikan, dan mengkategorikannya dalam sebuah global data yang diperlukan mesin pencari. Bila meta tag deskripsi ini tidak terdapat dalam sebuah web, maka hasil indeks tidak akan maksimal, dengan kata lain spider robot mesin pencari hanya mengkategorikan web tersebut, tanpa dapat menyimpulkan jenis dan luas cakupan data web yang seharusnya kita berikan. Akibatnya konten web tidak diindeks secara maksimal oleh mesin pencari dan akan ditempatkan dalam urutan mengerikan dalam hasil pencarian.
Contoh Meta Tag Deskripsi Sederhana
<meta content='deskripsi web anda' name='description'/>
Meta Tag Kata Kunci (keywords)
Meta tag keywords merupakan sebuah tag html yang berisi kata kunci yang berhubungan dan paling banyak digunakan dalam isi web. Secara sederhana kata kunci yang digunakan adalah kata kunci yang paling banyak digunakan dalam penulisan konten atau artikel. Kata kunci dalam meta tag harus dipilih yang paling berhubungan atau mempunyai tingkat relevansi yang tinggi, agar konten yang ditulis dapat diindeks secara maksimal melalui kata kunci yang digunakan. Hal ini berhubungan dengan pemaksimalan hasil pencarian mesin pencari, sehingga artikel anda dapat menempati posisi yang baik dalam SERPs (Search Engine Result Pages). Jadi pilihlah keyword yang sesuai dan paling berhubungan dengan materi tulisan anda.
Contoh Meta Tag Kata Kunci Sederhana
<meta content='keyword1,keyword2,keyword3,dan seterusnya' name='keywords'/>
Pentingnya pemaksimalan meta tag juga harus diperhatikan agar suatu situs dapat berjalan maksimal dalam mesin pencari. Oleh karena itu kita harus mengolah meta tag sederhana tersebut menjadi suatu yang dapat menginformasikan masing-masing konten secara otomatis. Jika hanya menggunakan meta tag sederhana, maka informasi yang diberikan kepada spider robot hanyalah data umum mengenai web dan kata kunci yang digunakan untuk diarahkan pada home page saja. Kekurangannya meta tag tersebut tidak dapat mengindeks keseluruhan artikel satu persatu, sehingga artikel anda tidak dapat bekerja maksimal dalam mesin pencari. Sekarang saya akan berikan meta tag otomatis yang dapat mengindeks semua konten.
<meta content='nofollow' name='Googlebot'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='isi dengan deskripsi blog atau web anda' name='description'/>
<meta content='keyword1,keyword2,keyword3,dan seterusnya' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, isi dengan deskripsi blog atau web anda yang sama dengan deskripsi sebelumnya &quot;' name='keywords'/>
</b:if>
/* meta tag tambahan */

<meta content='1 days' name='revisit'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='nama anda' name='author'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='indonesia' name='country'/>
<meta content='nama daerah anda' name='geo.placename'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='IE=8' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/> /* ini untuk menghindari duplikat konten */
Petunjuk Pemasangan
  • Login ke blogger
  • Klik Template
  • Klik Edit HTML
  • Klik Lanjutkan
  • Letakkan meta tag setelah title tag. Silahkan ambil title tag pada artikel  title tag pintar dan otomatis untuk blogspot
  • Isi deskripsi blog anda dan jangan lebih dari 150 karakter
  • Isi keywords dengan dipisahkan koma dan jangan lebih dari 200 karakter 
  • Ganti nama anda sesuai petunjuk
  • Ganti nama daerah anda sesuai petunjuk
  • Selanjutnya klik Simpan Template
Demikian pembahasan Elemen Penting Dalam Meta Tag semoga dapat bermanfaat bagi semua. Amin.
Selamat mencoba dan sukses selalu.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.