Title Tag Pintar dan Otomatis Untuk Blogspot

Title Tag Pintar dan Otomatis Untuk Blogspot

17 Comments

title tag
Title Tag Pintar dan Otomatis Untuk Blogspot ini merupakan tulisan kedua dari posting saya mengenai blog design. Title tag merupakan suatu yang paling penting dalam menentukan tingkat optimasi blog atau situs pada mesin pencari. Hal ini karena title tag akan memerintahkan kepada browser agar membacara susunan judul blog dan judul posting sesuai keinginan pengguna. Susunan judul inilah yang nantinya sangat berpengaruh pada indeks mesin pencari dan hasil pencarian dari beberapa judul yang ditampilkan.

Judul terbagi menjadi dua bagian, yaitu judul blog dan judul posting. Kebanyakan template bawaan menggunakan title tag yang hanya memuat judul blog dan tidak menyertakan judul posting. Selain itu judul seperti ini hanya akan memberi informasi judul posting terlebih dahulu, tanpa memaksimalkan tujuan konten di mana posting itu dimuat (judul blog). Perhatikan title tag di bawah ini.
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Bila anda share home page anda pada media sosial, maka akan terlihat katerangan singkat dari nama dan alamat blog anda. Namun bila anda membuka salah satu artikel lalu membaginya ke media sosial, maka hanya judul posting yang lebih diutamakan oleh mesin pencari katimbang nama blog anda. Hasil pencarian home page = <judul blog dan alamat blog>, sedangkan hasil pencarian konten = <judul posting | judul blog>
Bila melihat susunan title tag di atas, seharusnya susunan yang lebih baik adalah <judul blog | judul posting>. Artinya kita harus menempatkan atau menampilkan judul blog sebelum judul posting. Oleh karena itu kita harus merubah susunan title tag dalam template untuk menghasilkan susunan judul yang lebih seo friendly. Hal ini kurang baik untuk optimasi mesin pencari, jadi kita harus merubah judul tersebut agar memuat keduanya. Berikut tag judul yang sudah di sesuaikan oleh kebutuhan tampilan judul blog dan judul posting untuk semua konten pada blog secara otomatis.
<b:include data='blog' name='all-head-content'/> /* akan menampilkan semua data blog mengenai semua konten yang ada pada blog */
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> /* akan mengindeks atau menampilkan tag judul konten yang akan disesuaikan dengan kode selanjutnya */
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> /* akan menampilan judul blog | judul posting */
<b:else/> /* bila yang lain akan terindeks seperti perintah kode selanjutnya */
<title><data:blog.pageTitle/></title> /* hanya nemapilkan judul blog dan alamat blog bila posisi blog berada pada home page */
</b:if>
Contohnya share linknya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

title tag pintar

hasilpencarian title tag

Bila melihat susunan di atas, maka dapat difahami bahwa yang diutamakan adalah judul setiap konten yang ada pada blog anda. Namun pada sisi yang lain susunan title tag seperti itu juga memaksimalkan judul blog dengan menempatkannya di depan judul posting. Kesimpulannya semua konten di arahkan pada judul blog atau home page blogger anda, sehingga kinerja blog anda menjadi maksimal pada mesin pencarian. Kode di atas menggunakan jenis deklarasi judul di halaman situs untuk menampilkan setiap judul halaman sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Satu hal yang ingin saya sampaikan, banyak kesalahan anggapan kalau optimasi tag judul akan lebih baik kalau diganti seperti berikut <title> Judu blog </ title>. Kode ini juga akan diterima oleh mesin pencari, tapi tag judul ini akan menyebabkan judul yang sama antara home page dengan semua halaman. Jika saya menggunakan tag judul <title> blogonol </title>, jadi judul untuk blog saya dan posting semua halaman akan selalu tetap sama "blogonol", sebagaimana menurut perintah kode di atas. Jika anda menggunakan jenis tag ini, maka dijamin tidak akan dapat menerapkan dua judul untuk perubahan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Demikian penjelasan Title Tag Pintar Untuk Blogspot dan saya mengharap masukan bila terdapat banyak kekurangan pada artikel ini. Semoga bermanfaat bagi semua. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di bawah ini. Terima kasih.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.