Trick Seo Kuno Tapi Ampuh

Trick Seo Kuno Tapi Ampuh

21 Comments

Trick seo kuno tapi ampuh merupakan teknik penerapan atribut yang sangat sederhana, namun banyak membawa manfaat bagi kesehatan posting dan template blog anda. Trick ini sangat jarang diperhatikan oleh kawan-kawan blogger, padahal trick ini sangat baik diterapkan bila kita ingin memaksimalkan kinerja posting dan template agar seo friendly. Posting ini berkaitan dengan artikel terdahulu saya mengenai script seo image otomatis, sembilan langkah penerapan seo terbaik dan cara edit template agar seo friendly. Saya sarankan anda membaca dua posting tersebut untuk menambah pemahaman akan beberapa tips seo untuk blogspot.

Posting ini merupakan jalan pintas atau trick kecil yang harus anda lakukan untuk membuat template dan posting anda lebih seo friendly. Banyak kawan-kawan menganggap cara ini sangat sederhana dan banyak pula yang kurang yakin akan hasil dari optimalisasi teknik tersebut. Mereka menganggap penerapan atribut pada link eksternal dan alt tag pada gambar sudah kuno. Bagi saya bukan masalah kuno atau ter-update sekalipun, namun kuncinya terletak pada trick yang sederhana namun dapat bekerja maksimal, karena template tidak harus selalu dijejali script yang dapat merusak kinerja seo itu sendiri. Jadi, apa saja yang harus dilakukan untuk pada link dan gambar?
  1. Buat link eksternal terbuka pada tab baru untuk mengurangi tingkat bouncing. Disamping itu tampilan halaman dan lalu lintas blog tidak akan ditransfer hanya karena satu link tunggal
  2. Buat link eksternal menjadi nofollow untuk mencegah Google merayapi link eksternal yang dianggap dofollow yang bisa berakibat timbulnya PageRank Juice yang berdampak pada rangking halaman.
  3. Gunakan alt tag pada gambar untuk memberitahukan mesin pencari akan data gambar yang berhubungan query terkait. Hal ini dianggap sebagai identitas unik suatu gambar terkait dengan isi konten anda ketika gambar tersebut diindeks mesin pencari.
Kenyataannya susah untuk menerapkan atribut pada link dan gambar bila kita memiliki banyak posting. Kerja manual satu persatu juga akan memakan banyak waktu, pemikiran, dan tenaga. Intinya menyusahkan dan bikin pusing. Tapi jangan khawatir, saya akan bagikan script yang dapat dipasang pada template anda, sehingga penerapan beberapa atribut tersebut dapat bekerja otomatis. Silahkan ikuti langkah berikut.

Log in ke blogger
Klik Template
Klik Edit HTML
Masukkan kode berikut di atas kode </head>
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){// link internal akan terbuka pada windows baru. var href=jQuery(this).attr('href');if (typeof href !='undefined' && href !="" && (href.indexOf('http://') !=-1 || href.indexOf('https://') !=-1) && href.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("target", "_blank");}});//]]></script>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){// link eksternal menjadi no follow. var href=jQuery(this).attr('href');if (typeof href !='undefined' && href !="" && (href.indexOf('http://') !=-1 || href.indexOf('https://') !=-1) && href.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel", "nofollow");}});//]]></script>

<script type='text/javascript'>//<![CDATA[
$(document).ready(function(){$('img').each(function(){var $img=$(this);var filename=$img.attr('src') $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));});});//]]></script>
Catatan: Bila script merah dengan cetak tebal sudah terdapat pada template anda, maka kode tersebut tidak usah dipasang lagi. Ini untuk menghindari script error atau tidak bekerja.

Selanjutnya klik Simpan Template dan selesai. Sekarang semua link eksternal dan gambar pada blog anda sudah menggunakan atribut blank target, nofollow, dan alt tag secara otomatis. Demikian trick seo kuno tapi ampuh yang dapat diterapkan pada blog anda. Semoga bermanfaat bagi semua, amin. Selamat mencoba dan sukses selalu.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.