Tips Bisnis dengan Twitter

Tips Bisnis dengan Twitter

9 Comments

twitter bisnis
Twitter adalah sebuah platform micro-blogging, yang digunakan oleh jutaan pengguna untuk membaca dan mengirim pesan berbasis teks hingga 140 karakter. Kiriman teks berupa berita, link, sampai artikel singkat disebut tweet. Sebenarnya tweet dapat membantu mendapatkan pengetahuan dan informasi, serta menyebarkan ide-ide penggunanya. Bagi kebanyakan orang, twitter hanya sebuah situs jaringan sosial dengan konsep yang berbeda, tetapi mereka tidak menyadarinya kalau twitter memiliki manfaat jauh berguna ketimbang pengguna biasa, terutama bagi orang-orang bisnis. Tinggal seberapa efektif kita menggunakannya, dan seberapa besar memandang manfaat twitter bagi bisnis anda. Berikut ada beberapa tips penggunaan twitter untuk meningkatkan bisnis anda secara mudah dan gratis.
  • Buatlah twitter yang layak dengan foto jelas dan yang tepat dengan memuat info pribadi dan bisnis yang relevan. Buatlah halaman profil sebagai informasi bisnis sebaik mungkin. Ini adalah halaman yang dilihat setiap orang sebelum mereka mulai mengikuti anda. Buat kesan pertama yang baik. Buatlah berbeda atau mempunyai keunikan sendiri dari orang lain, karena ini akan menjadi dayak pikat dan kelebihan tersendiri, sehingga dapat membantu mempromosikan bisnis yang dijalankan.
  • Jangan lakukan apa pun dengan tergesa-gesa. Jangan mulai mengikuti setiap orang lain sehingga mereka juga mulai mengikuti anda. Ikuti beberapa link yang berhubungan dengan bisnis anda, karena bila kita mengukuti link sembarangan, hasilnya tidak terlalu membantu. Yang jelas mulailah belajar untuk mendapatkan perhatian orang-orang penting.
  • Berbagi link penting dan informasi yang mempromosikan produk atau bisnis anda dengan mengambil umpan balik untuk mengetahui situasi bisnis. Lalu lintas informasi antar link akan membantu untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Bangun dan jaga hubungan baik antar sesama pebisnis online yang juga menggunakan twitter, karena ini akan membantu anda dan membuat mereka akan mempromosikan bisnis anda kepada kolega mereka. Pastinya dengan hubungan baik semua info bisnis dan kebutuhan konsumen akan selalu dibagikan oleh orang-orang yang sudah mapan dibidangnya. Tentunya anda tidak ingin kehilangan hal demikian bukan?
  • Menjadi biasa tidak berarti tidak tweet apa-apa atau hanya diam saja menunggu info yang berhubungan dengan bisnis anda. Jaga beberapa standar kualitas dengan taktik tweet jitu dan tidak membosankan. Orang ingat hanya dengan tweets anda. Jangan selalu tweet tentang bisnis,  karena mungkin membosankan pengikut. Sekali-sekali tweet yang biasa dan segar untuk membuat suasana jadi cair dikalangan pengikut anda.
  • Twitter memiliki banyak alat yang disarankan untuk menggunakan. Jangan gunakan default twitter (antar muka) karena tidak menawarkan banyak fitur. Pergunakan tool HootSuite yang dapat menjadwalkan posting muncul kapanpun anda inginkan dengan pengaturan sederhana.
  • Jangan bicarakan bisnis terlalu cepat dengan orang yang baru anda kenal, karena bisa saja dia mempelajari profesionalitas bisnis anda. Mulai jalin hubungan dengan hal yang ringan untuk ikatan tertentu, seperti kawan dekat, kawan bisnis, kelompok bisnis, atau lebih dekat lagi. Tunggu waktu yang tepat untuk menerbitkan bisnis atau membicarakannya. Intinya sabar dan tinggu waktu yang tepat untuk membicarakannya.
  • Paling penting dari semua itu adalah cara kerja dan kejelian anda dalam melihat produk apa yang dibutuhkan dan seberapa baik bisa mengatasinya. Masalah hubungan blog bisnis dengan twitter anda adalah suatu usaha kemudian yang akan dikunjungi orang yang memerlukan atau yang tertarik dengan bisnis anda. 
  • Optimalkan blog bisnis dengan membaca beberapa artikel yang dibutuhkan pada blog ini. Usahakan blog dan twitter menjadi sumber daya yang baik dan banyak dibutuhkan orang, walau pada kenyataannya hanya sebagai media informasi bisnis anda. Yakinlah kalau cara ini sangat membantu dan ini tidak memerlukan banyak tenaga dan dijamin gratis. Terakhir berusahalah dengan sabar dan profesionalitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Jangan sampai merusak reputasi sendiri karena kekeliruan kerja yang kecil namun bisa membuat bisnis berantakan karena ditinggal pengikut atau rekan bisnis. 
  • Ingat, persaingan sangat besar dan konsumen terbatas. Anda perlu melakukan sesuatu yang berbeda untuk bisa menarik perhatian lebih dari konsumen. Suatu yang harus diterima dengan lapang dada adalah tidak ada jalan pintas dalam usaha ini, tergantung dengan usaha dan kesabaran. Jangan lupa berdoa, karena semua juga tergantung keputusan Yang Maha Kuasa.  
Demikian tips bisnis dengan twitter, semoga bermanfaat dan dapat membantu usaha anda. Silahkan memberi masukan dan kritik yang membangun untuk pembelajaran blogonol ke depannya. Selamat mencoba dan sukse selalu. Mahesa


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.