Blog Bukan Pasar

Blog Bukan Pasar

14 Comments

blog pasar
Beberapa hari lalu saya sibuk dengan beberapa kawan-kawan mempersiapkan bisnis online. Hal ini karena adanya kegelisahan dari kawan-kawan yang mencoba bisnis lewat internet, namun sampai sekarang belum juga mendapatkan hasil yang menjanjikan. Dilematik, antara peluang yang semakin sempit dan faktanya kita dihadapkan dengan beberapa kinerja yang menguras banyak waktu dan tenaga. Akhirnya kita dihadapkan dengan kesabaran yang semakin menipis.

Pertama saya tidak langsung meng-iya-kan tawaran kawan-kawan. Karena saya yakin kalau hasilnya juga membutuhkan waktu lama. Akhirnya saya setujui dengan mengemukakan beberapa pandangan, bahwa bisnis online hanya pekerjaan sampingan. Artinya kita tidak menjadikan pekerjaan ini suatu proyek utama dalam kehidupan kita, walau nantinya hasilnya akan dapat memberi pemasukan yang lumayan. Mungkin pandangan ini juga perlu dicermati oleh kawan-kawan yang mendalami bisnis ini. Dan yang terpenting lagi, saya hanya mengingatkan, bahwa blog bukan pasar.

Blog di buat bertujuan untuk mempublikasikan sesuatu, baik itu tentang kehidupan suatu budaya masyarakat, kehidupan pribadi, keluarga, kegiatan, produk dan jasa, sampai pada usaha perusahaan. Di internet kita banyak sekali menemui berbagai kegiatan, dari penjualan, perjalanan, perkembangan perusahaan, dan lain sebagainya. Kita sangat mungkin tertarik dengan beberapa kegiatan yang dapat menghasilkan peluang duit tambahan belanja kita sehari-hari. Namun dibalik itu semua, harus diyakini dulu bahwa semua kegiatan itu bukanlah semacam pasar yang dapat anda beli dan jual lagi dengan keuntungan yang lumayan atau berlipat ganda. Sadarilah kalau semuanya adalah kegiatan terstruktur. Mereka melakukan semacam transaksi produk atau jasa secara online, dan tinggal pengunjung memilih apakah mereka tertarik atau tidak, sesuai atau tidak dengan yang mereka cari.

bisnis online
Itulah beda blog dengan pasar yang melakukan transaksi langsung dalam kegiatan jual beli, tukar-menukar jasa, dengan berpatokan pada keuntungan bersama. Namun saya tidak mengatakan kalau blog tidak dapat dijadikan usaha atau bisnis yang lumayan menjanjikan. Artinya blog dapat menjadi sarana publikasi atau pemasaran secara online dari produk, jasa, dan afiliasi lainnya untuk mendukung bisnis online. Jelas di sini blog dapat dijadikan sarana publikasi, bukan pasar.

Jika blog dianggap pasar, maka dapat saja kita terkecoh atau tergoda dengan pernyataan manis namun belum tentu menghasilkan. Itu karena kita telah menganggap blog sebagai pasar yang bisa menghasilkan apa saja, termasuk keuntungan berupa uang, padahal cara kerjanya bukan demikian. Mulai sekarang robahlah cara pandang demikian, sebelum menyesal kemudian.

Berusahalah bijak dan cerdik dalam memanfaatkan peluang bisnis sendiri. Artinya dari sekarang lebih baik membangun usaha sendiri melalui blog, media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Ingat, usahakan semaksimal mungkin semua situs menjadi pendukung atau sarana publikasi (pemasaran) dari bisnis online. Kalau sudah begini anda menjadi boss, bukan menjadi karyawan yang tergantung pada struktur suatu kelompok bisnis online.Disamping itu kerja anda sudah tepat dengan menjadikan blog sebagai saran publikasi, bukan pasar.

Inilah yang harus kita sadari sebelum membuat bisnis online. Langkah selanjutnya, tergantung usaha anda dalam menawarkan produk atau jasa, karena ini sangat menentukan keberhasilan bisnis online yang dijalankan. Ingat, blog bukan pasar. Sekarang tergantung cara pandang anda dalam memanfaatkan blog dan situs lainnya. Maaf ini hanya sekedar masukan dan pandangan yang mungkin sekali berbeda. Jika saya salah, mohon di kritisi bersama untuk pembelajaran dan pengembangan pengetahuan kita tentang bisnis online. Terima kasih.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.