10 Tips Mengoptimalkan Blog

10 Tips Mengoptimalkan Blog

1 Comment

searchengineoptimization-300x231
Nih sahabat ane dapat beberapa masukan dari Tyanz yang telah berbaik hati memposting tips untuk mengoptimalkan blog. Tulisan ini sebenarnya masukan bagi kawan-kawan di blogdetik.com, namun ane yakin kalo0 tulisan ini juga dapat diterapkan di blogspot. Tulisan tyanz ane rombak dan coba ubah sesuaian untuk blogspot. Terus terang dulu blogonol memasang banyak gadget yang sebenarnya gak berguna dan lebih parahnya berefek memperlambat loading blog. Saya tidak mengatakan blog yang memasang banyak pernak-pernik itu tidak bagus atau norak, namun terkadang banyak sekali hal yang tidak mendukung ketimbang kebaikan dari optimalisasi blog saudara. Hal ini perlu kita renungkan kembali, karena tidak semua template blog dapat kita rombak sedemikian rupa atau secara membabi buta, karena itu akan berakibat pada ketidak-efisien-an blog. langsung aja yang sahabat blogger semua, ini beberapa masukan dari sahabat Tyanz, penting untuk direnungkan.
1. Periksa Design Blog Anda
Mungkin hampir semua dari kita menginginkan sebuah blog yang keren dan  WAH (bukan Work At Home ala Isnaini), tidak ada yang salah dengan persepsi itu namun perlu dipikirkan lagi “barang-barang” yang sekiranya tidak berguna yang justru melambatkan akses visitor ke blog anda ataupun membuat blog anda tidak compatible pada browser.
Ingat, apa yang ingin visitor dapatkan adalah Informasi, dan ini “barang-barang” yang tidak berguna versi saya :
  • Pet Flash
  • Jam dan Kalender (Apa visitor melihat blog anda hanya untuk melihat ini? Di komputer mereka masing-masing pun sudah ada)
  • Kotak Chatting/Shoutbox (Karena saya lebih suka visitor memberi komentar pada postingan daripada hanya sekedar nempelin link disini ataupun spamming)
  • Web Counter yang berlebihan (Flash Animated, kalau yang sederhana boleh saja)
  • Peta Dunia (Ada-ada aja, tapi saya pernah lihat loh)
  • Foto galery yang berada pada sidebar (Kalau bisa, buat halaman tersendiri untuk ini)
  • Iklan yang berlebihan dan hampir menutup pandangan mata saat pertama kali blog diakses
Selebihnya silakan anda yang periksa sendiri, apakah “barang-barang” yang sudah ada memang diperlukan di blog anda atau tidak. Untuk mengetest seberapa cepat blog anda diakses silakan klik  http://tools.pingdom.com/  dan untuk mengetes seberapa compatible blog anda silakan klik http://browsershots.org

2. Buat Navigasi Yang Baik
Kebanyakan blogger (semoga anda tidak termasuk) hanya mementingkan design (plus “barang-barangnya”) dan iklan, sehingga menomor tujuhbelas-kan navigasi. Navigasi itu penting, saat visitor ingin menjelajahi blog anda apa yang dia butuhkan? Jelas saja Navigasi, baik itu posting-posting terbaru maupun kategori dan link halaman yang rapih membuat visitor nyaman dan berkemungkinan untuk kembali lagi.
Jangan lupa untuk selalu menampilkan kotak pencarian di sidebar anda apabila themes anda tidak langsung menampilkan kotak pencarian.
3. Judul Posting Anda
Siapa bilang judul gak penting ? Salah satu cara untuk mengoptimalkan blog kita adalah dengan judul yang kita publish, mengena atau tidaknya judul sebuah post akan mempengaruhi tampilnya postingan anda pada search engine atau biasa disebut para suhu SEO (Search Engine Optimization).

4. Keyword Dalam Posting Anda
Memakai keyword pada judul posting anda itu penting, tapi tidak kalah pentingnya memasukkan keyword tersebut pada postingan anda. Konsentrasikan pada paragraf awal lalu gunakan variasi keyword utama anda pada posting anda. Sebagai contoh, saat anda menulis tentang “ikan lele” kenapa tidak anda membicarakan tentang “ikan koi” ataupun “ikan mas”.

5. Struktur Permalink
Kebanyakan blogger memakai struktur permalink dengan tanggal sehingga terlihat seperti ini http://bloganda.blogdetik.com/index.php/… . Saya sarankan untuk mengubah struktur permalink anda ke sesuatu yang lebih simple seperti
http://bloganda.blogdetik.com/kategori/judul-posting
http://bloganda.blogdetik.com/judul-posting (sama seperti yang saya pakai
Untuk mengubah struktur permalink silakan login dan masuk ke dashboard anda lalu pilih menu setting dan submenu Permalink dan pilih opsi Custom Structure. Untuk membuat struktur seperti http://bloganda.blogdetik.com/kategori/judul-posting anda cukup memasukkan kode /%category%/%postname%/
Dan bila anda ingin struktur permalink yang lebih sederhana seperti http://bloganda.blogdetik.com/judul-posting silakan anda masukkan kode /%postname%/ Mudah bukan?

tambahan
Kalau di blogspotgak dirubah juga gak masalah, tapi kalau anda mau merubahnya juga lebih baik.

6. Tag Header
Tag header biasa dipakai untuk menandakan sebuah judul, biasanya dalam sebuah posting. Tag header ini mempunyai nilai berupa numeric yang mengindikasikan kepentingannya. <h1> digunakan untuk header terpenting anda, <h2> bisa menjadi subtitle, dll. Tempatkan keyword yang sama yang digunakan pada judul posting anda di <h1> dan variasi keyword di <h2> atau <h3> untuk efek yang optimal

7. Keep it Fresh
Mesin pencari sangat menyukai “fresh content“. Jadi ketika anda posting secara teratur anda akan menemukan Googlebot datang lebih sering ke blog anda untuk menjaring content yang “fresh”.

8. Buatlah Keunikan
Buatlah keunikan dalam blog anda, baik konten yang unik ataupun balasan komentar yang unik. Walaupun godaan copy paste selalu ada, saya sarankan untuk tetap menjaga keunikan posting anda karena anda tidak akan mendapat keuntungan apapun dari itu terlebih jika anda tidak menyebutkan sumbernya.

9. Membangun Backlink
Untuk mendapatkan traffic yang lebih, anda membutuhkan backlink. Biasanya blog lain yang menyukai tulisan anda akan memberikan link ke blog anda. Tetapi jika anda baru membuat blog dan membutuhkan pencerahan saya sarankan untuk memasukkan blog anda ke berbagai blog direktori. Untuk yang satu ini anda dapat mengakses langsung pada navigasi bagian atas blog ini (free links directory I dan II)
Jalan lain untuk mendapatkan backlink adalah mengomentari blog lain dan menggunakan trackback.
10. Selalu Tampilkan Gambar di Posting Anda
Kamsud saya disini adalah gambar yang “mewakili” posting anda agar tulisan anda terlihat hidup atau mungkin smiley bisa mencairkan suasana, tapi saran saya jangan tampilkan gambar yang terlalu besar yang akan memperlambat akses, cukup 1/3 - 1/2 dari ukuran posting anda bukan blog anda.
Jika ingin menjadi blogger yang baik bayangkan anda sebagai pembaca, dan jika ingin blog yang baik bayangkan anda adalah pengunjungnya.
Dan semua paragraf diatas adalah persepsi saya, jika ada yang tidak setuju itu wajar dan silakan share disini.  Sekian tips dari saya hari ini, semoga besok bisa saya lanjutkan dengan tips dan trik yang baru.

Tambahan
Untuk mempercepat loading blog silahkan sahabat baca DI SINI. Selamat mencoba



keep spirits and do the best
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.