Trick Seo Artikel untuk Mendongkrak Mesin Pencari

Trick Seo Artikel untuk Mendongkrak Mesin Pencari

39 Comments

Search Engine Optimization atau seo adalah tulang punggung dari sebuah blog. Seluruh keberhasilan dan popularitas tergantung pada penerapan seo yang baik, sehingga optimasi yang dilakukan akan memberikan hasil yang memuaskan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendongkrak posisi artikel pada hasil pencarian. Artinya kita perlu melakukan tricks seo artikel untuk mendongkrak mesin pencari yang mana penerapannya berkaitan dengan pada setting template anda. Kali ini saya akan berbagi beberapa trick seo yang perlu dilakukan agar setiap artikel yang ditulis bisa menempati posisi bagus dalam hasil pencarian di mesin pencari.

Saya tidak menyarankan anda untuk menyewa ahli seo yang katanya akan dapat membantu menaikkan popularitas blog anda. Hal ini karena trick seo pendongkrak SERPs yang akan saya bagikan bukan pekerjaan yang sulit dan dapat dengan mudah diterapkan. Sekarang mari kita bahas trick seo artikel untuk mendongkrak mesin pencari. Ikuti langkah berikut.

1. Buat judul yang menarik
Judul yang menarik adalah kunci keberhasilan dalam menjaring pengunjung. Kebanyakan pengunjung akan mengklik judul yang menarik walau posisi artikel anda tidak berada pada tingkat teratas (peringkat pertama). Misalnya ada tiga judul tentang membuat blog.
Posisi 1: Trick Seo Untuk Menempati Posisi Teratas Pada Mesin Pencari
Posisi 2: Trick Seo Artikel Menempati Posisi Teratas Pada Mesin Pencari
Posisi 3: Trick Seo Artikel Untuk Mendongkrak Mesin Pencari
Katiganya berbicara trick seo pada artikel. Namun ketiga judul di atas mempunyai tingkat ketertarikan yang berbeda untuk semua pembaca internet, termasuk anda. Hal ini yang sangat penting untuk diperhatikan, karena jika judul posting menarik, pencari dengan cepat akan mendarat di blog anda. Jadi, buatlah judul artikel semenarik mungkin.

2. Gunakan Kata Kunci dalam Judul Artikel
Kata kunci sangat penting dalam sebuah artikel. Kata kunci yang pertama dan masuk dalam judul suatu artikel akan langsung terindeks oleh mesin pencari, karena crawler mesin pencari merayapi judul terlebih dahulu, lalu merayapi konten anda. Jangan membuat kata kunci pada judul artikel terlalu panjang, karena akan membingungkan robot mesin pencari mengartiken deskripsi dari kata kunci yang digunakan. Kadang kata kunci yang terlalu panjang akan mengakibatkan judul menjadi panjang dan tidak baik untuk penerapan seo pada artikel itu sendiri. Buat Judul Paling banyak 60 karakter untuk keseluruhan, termasuk kata kunci yang digunakan.

Jangan gunakan kata-kata kompleks dalam judul karena biasanya membuat orang bingung. Gunakan saja kata-kata umum dan mudah dimengerti sehingga membuat orang lebih tertarik pada artikel anda. Judul yang memuat kata-kata kompleks kadang tidak ditampilkan dalam mesin pencari.
Untuk memahami penerapan kata kunci dalam artikel silahkan baca:
Tips Memaksimalkan Artikel dan Kata Kunci
Seo Kata Kunci Artikel

3. Gunakan Kata Kunci Target Dalam Artikel
Gunakan kata kunci yang ditargetkan dalam artikel, karena dianggap merupakan bagian penting dari trick SEO on page. Perlu diingat, jangan menggunakan kata kunci terlalu banyak karena akan dianggap sebagai spam dan artikel anda bisa saja masuk google sandbox. Kepadatan kata kunci yang ideal dalam suatu artikel sekitar 2-5 %. Sebagai referensi silahkan baca:
10 Tips Membuat Judul yang Seo Friendly
Cara Mengoptimalkan Kata Kunci Pada Artikel

4. Tampilkan Judul Posting Pertama Di Search Engine
Secara template blogger menampilkan nama blog terlebih dahulu pada mesin pencari dan judul posting ditampilkan setelah itu. Hal ini bisa saja membuat judul tidak tampil seutuhnya jika terlalu panjang. Jadi untuk memperbaiki masalah ini, kita harus menambahkan sepotong coding pada template. Ikuti langkah berikut.
Pergi ke Blogger Dashboard – klik Template – klik Edit HTML.
Cari kode <title><data:blog.pageTitle/>< / title>
Ganti kode di atas dengan kode di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><title> <data:blog.title/>< / title><b:else/><title>< Data : blog.pageName / > | <data:blog.title/>< / title>< / b : if>
5. Hidupkan Tag H2 pada Heading Untuk Judul Artikel
Biasanya kita menggunakan tag H1 tag untuk posting blog dan H2 untuk judul posting. Tetapi secara default pada template menggunakan tag H3 untuk judul posting sehingga kita harus mempromosikan judul posting dari H3 ke H2. Perhatiakan dan terapkan cara di bawah ini.
Pergi ke Blogger Dashboard – klik Template – klik Edit HTML.
Cari Kode <b:if cond='data:post.title'>
Kode lengkapnya seperti berikut
<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
Ganti kode merah menjadi </h2>
Klik Simpan Template
6. Optimalkan Label Link Dalam Blogger
Label sangat berharga yang dapat digunakan sebagai kategori yang terpisah. Tapi label membuat mesin pencari kesulitan karena crawler mesin pencari mengambil label sebagai halaman konten dan indeks. Jadi, kita harus memberitahu crawler bahwa mereka tidak diperbolehkan untuk mengindeks, sehingga tidak harus menciptakan masalah duplikat konten. Untuk membuat semua lebel tidak diindeks crawler mesin pencari kita harus menempatkan tag nofollow pada template. Silahkan baca Penerapan Tag Nofollow pada Template.

7. Optimalkan Komentar Konten Links
Coba perhatikan bahwa banyak komentar yang tidak relevan dengan apa yang dibahas pada artikel anda. Selain itu banyak link otomatis komentator yang tidak sesuai dengan konten blog anda (link dari komentator). Ini akan berpengaruh pada optimasi seo yang dilakukan. Solusinya baca Penerapan Tag Nofollow pada Template.

8. Optimalkan Blog Archive Widget Untuk SEO Lebih Baik
Masalah ini hampir sama dengan mengoptimalkan label link. Arsip dan Label halaman menampilkan artikel yang sama katika dikirim ke mesin pencari. Posting yang sudah terindeks untuk label akan dindeks kembali untuk halaman arsip. Oleh karena itu mesin pencari akan meliahat atau mengindeks konten yang sama dan itu menimbulkan duplikat konten. Solusinya menonaktifkan halaman arsip untuk indeks mesin pencari. Perhatikan dan terapkan cari berikut ini.
Pergi ke Blogger Dashboard - klik Template - klik Edit HTML .
Cari kode <a class='post-count-link' expr:href='data:i.url'>
Ganti kode di atas dengan kode berikut.
<a rel="archives" class='post-count-link' expr:href='data:i.url'>
Selanjutnya klik Simpan Template
Kalau tidak ada anda dapat menggunakan kode berikut.
Mematikan fungsi arsip
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>
Menghindari duplikat konten
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />
Pasang kedua kode tersebut di bawah kode <head>

9. Custom Robot pada Tag Header
Menulis deskripsi blog serta deskripsi posting yang terpisah harus dilakukan melalui setting. Ikuti Langkah berikut.
Mengaktifkan Deskripsi Blog
Pergi ke Dashboard Blogger - klik Setelan - klik Referensi Penelusuran – Meta Tag – klik ya pada deskrips untuk mengaktifkan. Selanjutnya masukkan deskripsi blog anda secara singkat dan jelas.
Mengaktifkan Robot txt Khusus
Pada halaman yang sama – pilih robot.txt khusus – klik ya untuk mengaktifkan.
Masukkan kode berikut ke dalam kotak kosong
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://nama blog anda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Selanjutnya klik Simpan
Mengaktifkan Tag Tajuk Robot Khusus
Masih pada halaman yang sama - pilih Tag Tajuk Robot Khusus – klik ya untuk mengaktifkan.
Atur seperti gambar di bawah ini, selanjutnya klik simpan.

trick seo artikel untuk mendongkrak mesin pencari

Saat menulis posting, anda dapat melihat kotak deskripsi pencarian di sidebar kanan. Isi deskripsi dari artikel anda secara singkat. Dengan ini anda dapat menulis deskripsi meta terpisah untuk posting tunggal yang merupakan pilihan yang sangat baik karena akan membantu meposisikan artikel anda menjadi  lebih baik dalam peringkat mesin pencari.

deskripsi artikel

10. Penggunaan Link untuk Menuju Halaman Terkait
Kadang dalam menulis suatu artikel, ada beberapa kesamaan pembahasan. Hal ini perlu dihubungkan antara halaman satu ke halaman lainnya (antar artikel terkait). Kalau pikiran anda mengatakan bahwa memasang widget artikel terkait sudah cukup, itu adalah keliru. Widget artikel terkait hanya menampilkan kesamaan artikel dalam suatu label atau kategori. Namun tidak menampilkan artikel yang terkait yang berhubungan. Solusinya berikan beberapa link menuju halaman terkait yang mana kedua artikel anda sangat berhubungan. Hal ini juga untuk menghindari kelebihan bouncing untuk artikel tertentu. Tricknya seperti beberapa link artikel terkait yang pasang pada artikel ini. Sebagai contoh, baca juga artikel delapan aspek blogger sukses yang berhubungan dengan pembahasan penggunaan link untuk menuju halaman terkait.

Demikian penjelasan trick seo artikel untuk mendongkrak mesin pencari. Sekarang anda bisa bersantai dan biarkan mesin pencari bekerja untuk artikel anda. Semoga artikel trick seo artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin. Selamat mencoba dan sukses selalu.

“keep spirits and do the best”
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.