Cara Memindahkan Sidebar Template

Cara Memindahkan Sidebar Template

10 Comments

Beberapa kawan-kawan mempertanyakan bagaimana cara merubah sidebar tempalate yang berada di kiri menjadi di kanan, atau sebaliknya. Hal ini karena beberapa template yang bagus mempunyai sidebar kiri. Problemnya...bila sidebar kiri akan lebih lama loading pagenya karena struktur template di baca dari header - sidebar kiri - blog page (halaman artikel) - sidebar kanan - footer. Sedangkan bila kita menggunakan sidebar kanan, maka yang dibaca pada loading page adalah header - article page - sidebar kanan - footer. Jadi article page atau halaman utama blog akan cepat terbuka. Hal ini juga untuk menghindari kejenuhan pengunjung saat loading blog anda. Selebihnya tergantung selera anda mau pilih yang mana. Ok langsung saja kita bahas cara memindahkan sidebar template. Ikuti langkah berikut.

change sidebar

Masuk ke blog
Klik Rancangan
Klik Edit HTML
Backup dulu template anda agar bila terjadi kesalahan akan mudah mengembalikan kesemula
Cari kode seperti di bawah ini. Bila bingung, cari saja #main-wrapper
#main-wrapper {
float: right;
width: 600px;
margin: 0;
padding: 0;
}
Perhatikan float: right; (kode biru), itu menunjukkan letak article page di sebelah kanan sidebar. Ganti kode float: right; menjadi float: left; Selanjutnya cari kode #sidebar-wrapper lalu perhatikan kode warna biru. Kode tersebut menunjukkan posisi sidebar di sebelah kiri article page. Ganti kode float: left; dengan float: right;
#sidebar-wrapper {
float: left;
width: 320px;
margin: 0;
padding: 0 20px 10px;
display: inline;
}
Warning!!!
kode di template anda mungkin berbeda dengan yang saya contohkan. Intinya cari saja kode yang mirip dengan contoh di atas. Patokannya adalah kode yang warna merah dengan cetak tebal. Sedangkan kode biru adalah kode yang harus anda ganti.

Selanjutnya Simpan template dan lihat hasilnya.
Selamat mencoba dan selalu.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.