Kode Deklarasi XML untuk Blogspot

Kode Deklarasi XML untuk Blogspot

13 Comments

DTD
Beberapa waktu lalu kawan-kawan blogger melayangkan pertanyaan seputar desain blog atau bagaimana cara merubah tampilan template. Berawal dari beberapa pertanyaan ini juga saya berniat untuk membuat tulisan seputar blog design, karena menurut saya hal ini penting ketika seorang blogger dapat sedikit memahami susunan kode dari templatenya sendiri. Selanjutnya, melalui beberapa seri tulisan blog design ini, saya berharap mendapat masukan yang membangun dari kawan-kawan blogger semua untuk lebih membuka wawasan saya akan pemahaman tentang kode template blogspot. Semoga hal ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. Amin.

Pada Posting pertama blog design ini, saya coba jelaskan tentang Kode Deklarasi XML untuk Blogspot. Hal ini berhubungan dangan kode xml yang nantinya akan dibaca web browser dan validasi kode xml dalam template anda terhadap validasi di W3C. Setiap template mempunyai kode deklarasi xml sebagai kode awal yang wajib ada untuk menentukan versi XML yang digunakan. Kode xml tersebut dapat dijumpai di atas kode <head> seperti berikut.
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html lang='en' xml:lang='en' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<head>
DTD
klik gambar untuk memperbesar
  • Baris merah menerangkan versi atau mark-up bahasa yang digunakan.
  • Baris biru digunakan untuk menyatakan Document Type Definition (DTD) atau Definisi Jenis Dokumen yang terdiri dari daftar definisi sintaks untuk setiap elemen dalam dokumen XML template anda.
DTD menciptakan aturan sintaks untuk setiap dokumen XML. Bagi anda yang menetapkan nama elemen dapat dimasukkan dalam dokumen dan setiap elemen dapat memiliki atribut tersendiri yang diperlukan (opsional). DTD dapat menjadi elemen internal yang menggabungkan atribut yang digunakan dalam dokumen yang sama. Selain itu DTD juga dapat menjadi elemen eksternal yang terletak dalam dokumen lain atau berbeda. Hal ini memberitahukan pada web browser untuk tidak perlu menebak kode membingungkan (karena kesalahan atau tidak validnya kode terhadap standart W3C) dan masuk ke modus yang ketat di mana mereka mengharapkan anda untuk tahu apa yang harus dilakukan terhadap hal tersebut. Disamping itu DTD akan membuat halaman seperti yang ditetapkan oleh standar W3C dan menyesuaikannya dengan kode yang digunakan pada template anda. DOCTYPEs withour browser modern masuk ke 'mode quirks' yang berarti mereka mengabaikan semua kesalahan kode jika anda lupa untuk menutup beberapa tag dan atribut lainnya.

Dahulu beberapa template masih menggunakan kode xml seperti berikut.
<DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
Bila anda menggunakan kode merah di atas, lebih baik ganti dengan kode xml seperti penjelasan sebelumnya untuk disesuaikan dengan standar W3C dan lebih seo friendly.

Demikian penjelasan Kode Deklarasi XML untuk Blogspot. Saya mohon maaf dan pencerahan dari kawan-kawan semua bila dalam penjelasan ini terdapat banyak kekurangan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin. Happy blogging and success.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.