Strategi Seo 2014

Strategi Seo 2014

14 Comments

Tahun 2014 merupakan tahun pergerakan maju dalam industri seo. Banyak seo master mengatakan bahwa tahun 2012 sampai 2013 adalah tahun perjuangan dengan disibukkan  update panda dan penguin. Pada tahun lalu banyak blog besar yang jatuh, tapi pada tahun 2014 ini kita akan membangun strategi baru yang sederhana dan bersiap untuk maju. Mengapa hal ini dianggap sederhana, karena sebenarnya seo itu sederhana, dan mesin pencari menghendaki pergerakan yang natural, seperti membangun link alami, konten berkualitas yang dapat memngun trafik besar, dan keuntungan yang dapat diambil pada beberapa sosial media. Artinya strategi seo sebenarnya tidak banyak berubah, tapi ingat selalu sederhan.
strategi seo 2014
Di sini kita tidak lagi harus disibukkan oleh ide-ide baru yang sulit dan terlalu berat. Akhirnya banyak blogger yang menyerah sendiri karena ide-ide tersebut.
Saya hanya memberikan asumsi sederhana mengenai seo, yaitu salah satu teknik optimasi situs agar mendapat posisi yang bagus pada search engine (bukan nomor satu). 
Buang jauh-jauh untuk menjadi nomor satu. Kalau hal itu terjadi anggap saja itu bonus kerja dan kamu memang layak untuk mendapatkannya. Saya hanya menjelaskan tentang asumsi dasar, memahami kebutuhan, dan strategi optimasi mesin pencari. Berikut adalah strategi seo sederhana untuk membuat perubahan besar pada tahun 2014. Silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini.
1. Asumsi Dasar
Seo itu sederhana dan tidak diberatkan oleh pendapat dan ide-ide yang membuat pusing, karena seo hanya berbicara mengenai teknik optimasi suatu situs pada mesin pencari. Anda dapat berbuat sebebas-bebasnya tapi jangan kebablasan. Kebanyakan blogger terlalu memaksakan untuk berada pada tingkat pertama dalam mesin pencari. Mereka lupa tujuan dan fungsi dasar menjadi blogger. Tujuannya adalah untuk mencari dan berbagi ilmu, membuat peluang dari ide mengenai usaha, dan membangun jaringan dalam persahabatan. Ingat, walau anda tidak menempati posisi teratas dalam mesin pencari, anda masih tetap seorang blogger dan dapat mengambil keuntungan dari usaha sendiri. Kalau anda mau menempati rangking satu dalam google, saya curiga anda ingin terkenal. Tidak ada blog yang terkenal dalam satu malam, semua pasti melalui perjalanan panjang melelahkan. No shortcut for everything on blogger.

2. Memahami Kebutuhan
Banyak blogger yang tidak memahami hal ini. Mereka hanya bikin blog lalu mau keuntungan yang instan, termasuk mendapat uang. Saya tidak mengatakan tidak boleh. Sebelum anda melangkah ke hal besar pahami dan lakukan hal kecil untuk menuju ke sana. Kalau anda membuat blog tujuannya untuk jualan, maka pahami dulu apa yang dibutuhkan pasar. Saya kemarin membantu salah satu teman membuat blog penjualan. Saya mendapat pelajaran baru dari borneo artshop. Setelah mendesain blognya saya bertanya. Bagaimana kamu mengoptimasi dan membangun link dari apa yang kamu bangun.
Dia menjawab, saya hanya menggunakan blog sebagai media promosi yang memberikan solusi kepada pembaca. Masalah pemesanan, mereka akan langsung menghubungi saya. Dengan begitu saya sudah membangun link secara langsung. Namun sebelumnya saya sudah melakukan riset apa yang dibutuhkan orang dan saya menyajikannya dalam blog saya, walau saya sebenarnya tidak mempunyai usaha apapun. Namun saya selalu menjaga hubungan baik dan kepercayaan dari jaringan saya. 
Kamu mau tahu penghasilannya dalam satu tahun, tidak banyak. Berkisar 20 sampai 40 juta. Hebatnya, admin blog tersebut akhirnya mempunyai usaha sendiri dari usaha yang dibangun melalui blog. Sebagai referensi silahkan berkunjung ke borneo artshop.
Kesimpulannya, mengetahui kebutuhan itu sangat penting. Baik kebutuhan kamu dan kebutuhan serta cara memuaskan target jaringan
3. Strategi Optimasi
Cara optimasi masih sama seperti yang dulu. Hanya sekarang anda perlu fokus dan sedikit kerja keras. Namun sebelumnya perlu melakukan beberapa tindakan terhadap blog anda. Berikut sedikit usaha yang perlu anda lakukan.
  1. Bersihkan blog dari widget yang tidak berguna, termasuk terlalu banyak memasang space iklan. Hal itu akan mengakibatkan blog menjadi seperti toko dan itu tidak disenangi google. Kebanyakan seo master mambuat blog tersendiri untuk space iklan mereka dan menghubungkan blog utama menjadi landing page. Itu ide sederhana tapi jarang diperhatikan.
  2. Jangan memasukkan script tambahan terlalu banyak, karena itu akan berpengaruh pada optimasi template. Konten yang bagus sekalipun akan tidak berguna bila tidak didukung template yang seo friendly, karena akan berakibat buruk pada perayapan robot spider untuk mengirimkan data ke mesin pencari. Dengan kata lain membuat spider bingung membaca data blog anda. Itulah sebabnya template yang seo friendly kebanyakan sederhana tampilannya.
  3. Gunakan media sosial seperti google +, facebook, twitter, pinterest, linkedin, dan youtube untuk media informasi dan promosi dari usaha dan kegiatan anda. Saya tidak menjelaskan bagaimana cara menggunakan media tersebut, karena sudah banyak dibahas pada blog lain.
  4. Konten yang Baik. Konten itu penting, karena bisa membuat orang betah berada di blog anda. Dari situ anda akan mendapat pengunjung setia. Fokus agar orang mau membaca, jadi bikin artikel yang segar dan terbaru. Konten yang menarik dapat membuat pembaca puas dan suka rela akan membuat link natural ke blog anda. Keuntungannya, selain mendapat trafik bagus, anda akan mendapat link dari mereka. Fokus pada apapun yang bisa membuat pengunjung mendarat di blog anda. Ini akan secara khusus meningkatkan kualitas situs dalam hal tampilan halaman, waktu kunjungan di situs, tingkat bouncing dan tingkat keluar yang membuat situs anda berbobot pada mesin pencari. Ingat gunakan selalu kata kunci yang spesifik dan link yang tidak berlebihan dalam artikel. Riset saja kata kunci yang biasa dan banyak digunakan, karena akan memudahkan relatifitas kata kunci dari pencari di internet. Gunakan saja bahasa sederhana dan santai, karena bila terlalu sulit pengunjung akan meninggalkan blog anda dengan ketidak-mengertian.
  5. Support terhadap ponsel. Jika situs anda tidak bisa diakses ponsel, atau tidak support dengan baik terhadap ponsel, maka kamu kehilangan sekitar setengah dari pengunjung. Sekarang banyak pengguna mengakses web melalui ponsel. Semua serba mudah, termasuk perangkat ponsel yang dapat mengakses web dimana saja. Saran saya cari template yang responsive agar supporrt dengan baik terhadap berbagai jenis ponsel. 
  6. Sebagai referensi optimasi, silahkan akses beberapa artikel seo pada blog ini. Klik SEO

Demikian beberapa strategi seo 2014. Bukan masalah seo saja yang penting, tapi lebih kepada pemahaman kita tentang seo dan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan sukses selalu.


Keep spirits and do the best
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.