Kesalahan Desain yang Sering Dilakukan Blogger

Kesalahan Desain yang Sering Dilakukan Blogger

22 Comments

Blogging dan Desain adalah dua hal yang berbeda. Kebanyakan desainer tidak blogger, tapi blogger kebanyakan desainer. Blogger kebanyakan merancang blog mereka agar terlihat bagus. Artinya dia membuat semua rancangan agar nyaman dipandang mata, mulai dari layout, tampilan gambar, desain huruf, sampai menambahkan beberapa aksesoris untuk keperluan blog mereka. Suatu hal yang banyak dilakukan justru membuat kesalahan mengerikan dan membiarkan kegagalan blog dalam menjaring pengunjung karena desain yang kurang nyaman dimata pengunjung.

Sekarang kita harus berpikir seperti pemikiran pengunjung, bagaimana membuat pengunjung merasa nyaman dengan desain blog yang bagus dan betah berlama-lama di blog anda. Kreatifitas dalam desain itu mempunyai kebebasan, tapi bukan ke bablasan.  Berikut beberapa kesalahan desain yang kebanyakan tidak disadari blogger.
  1. Hurup yang buruk sering membuat pengunjung tidak nyaman saat membaca artikel anda. Huruf adalah hal yang paling penting dalam sebuah desain, karena huruf akan terus dilihat oleh pembaca. Huruf menjadi fokus pandang yang paling sering dilihat. Huruf yang buruk membuat blog terlihat mengerikan. Menyertakan huruf ukuran kecil, terlalu besar, terlalu banyak gaya yang sulit untuk dibaca, dan warna terlalu mencolok akan membuat membuat desain blog anda menjadi tidak menarik dimata pengunjung. 
  2. Penggunaan Beberapa huruf sangat disarankan agar desain blog anda terlihat profesional. Hal penting dari desain ini adalah pemilihan huruf. Hal ini karena beberapa huruf yang digunakan pada beberapa bagian layout blog tidak hanya harus, tetapi harus terlihat profesional dan berguna ketika ditempatkan bersama-sama dengan huruf yang berbeda. Saya melihat banyak blogger tidak memperhatikan hal ini dan membuat kombinasi yang kurang bagus sehingga membunuh desain blog itu sendiri. 
  3. Penggunaan logo merupakan hal yang sangat penting, karena berpengaruh pada tampilan blog keseluruhan. Warna logo yang terlalu berani dan mencolok akan membuat mata pengunjung lelah dan terasa sakit. Perhatikan desain H1 atau H2, karena cenderung pengunjung akan tertarik dengan desain judul yang tegas dan mempunyai gaya tersendiri. Jangan membuat desain judul blog atau artikel tidak menarik, karena itu juga dapat membuat desain blog anda tidak nyaman dipandang mata. Pastikan untuk menghindari kesalahan tersebut, karena bisa membunuh reputasi blog dan anda akan kehilangan pengunjung ketika blog dipromosikan. Logo mewakili identitas anda oleh karena itu harus bagus dalam pemilihan bentuk dan warna. Misalnya, blog berita akan menjaga cahaya dan warna logo sederhana dan mempunyai karakter tegas dan tegar, sementara blog game harus membuat warna cerah dan cenderung kuat. Ingat, logo adalah identitas anda dan hal yang penting dalam blog anda. 
  4. Penggunaan latar belakang (background) yang tidak menguntungkan, baik dari segi warna atau gambar yang membuat layout template menjadi berantakan. Latar belakang putih atau sederhana bekerja dengan baik. Namun beberapa blogger mencoba untuk berimprofisasi untuk merubah background template. Hal itu akan sangat baik jika sesuai dengan beberapa desain keseluruhan blog, terutama dengan penggabungan warna pada yang digunakan, karena penggabungan warna tidak bisa disepelekan kalau anda tidak ingin membuat blog anda terlihat kacau dan hancur. disembarangkan. 
  5. Gambar memainkan peran penting dalam artikel karena akan membuat artikel lebih menarik dalam pandangan mata pengunjung. Tetapi menggunakan kebanyakan gambar juga akan membunuh desaian dari artikel anda sendiri. Apalagi menggunakan gambar yang tidak berhubungan dengan apa yang dibicarakan. Fokus pada kualitas, bukan ukuran dan jumlah yang tidak masuk akal. Saya akan berikan contoh penggunaan gambar sangat besar dalam artikel yang terlihat baik dan profesional. Silahkan klik di sini.
  6. Tata bahasa yang baik dan artikel yang tidak bertele-tele. Ini merupakan hal yang sangat penting dalam artikel blog. Bila tata bahasa anda tidak bagus, maka pengunjung akan merasa bingung dengan apa yang anda tulis. Bila artikel anda terlalu panjang dan bertele-tele, maka membuat pengunjung bosan dan akan meninggalkan tulisan anda sebelum mereka habis membacanya.
Demikian penjelasan beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger. Saran saya gunakan template yang mempunyai desain sederhana namun menarik dalam pandangan mata. Atau gunakan template profesional dan jangan terlalu banyak melakukan perubahan pada layout, karena template seperti itu kebanyakan di desain dengan profesional pula. Akhir kata, saya mohon maaf. Bukan maksud menggurui tapi lihatlah hal ini sebagai ilmu yang dibagi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.