Cara Submit Link pada Direktori dengan Aman dan Seo Friendly

Cara Submit Link pada Direktori dengan Aman dan Seo Friendly

12 Comments

submit link pada direktori
Beberapa kawan-kawan blogger bertanya bagaimana cara memasukkan link pada beberapa direktori dengan aman dan dapat bekerja maksimal untuk SEO. Hal ini menjadi mimpi buruk ketika update penguin dan panda diluncurkan, karena bila memasukkan link pada direktori yang tidak relevan, maka blog anda dapat terkena sanksi yang sangat berat dan ditendang jauh dari daftar pencarian google, termasuk mesin pencari lainnya. Tentunya anda tidak mau mengalami hal semacam ini.

Menitipkan link pada beberapa direktori itu menguntungkan dalam beberapa hal, namun bisa juga membuat buntung dan sangat merugikan. Oleh karena itu saya coba menerangkan beberapa tips mudah untuk diterapkan dalam menanam link dibeberapa direktori secara aman dan seo friendly. Jangan sampai blog terinfeksi penyakit spam yang bisa merusak kinerja blog gara-gara masalah sepele ini. Saya yakin sebagian besar blogger sudah mengetahui tentang penyerahan link pada direktori dan manfaatnya untuk SEO. Namun seluruh kerja tersebut perlu disertai langkah yang baik, terarah, dan tidak melanggar ketentuan mesin pencari. Tips ini sangat penting untuk diperhatikan demi efektifitas pengajuan link pada beberapa direktori dan melihat manfaat yang dapat diambil dari kerja tersebut. Baiklah...mari kita bahas bagaimana cara memasukkan link pada direktori dengan aman dan seo friendly.

1. Mencari Direktori
Pertama-tama anda harus mencari Direktori Submission. Pilih saja yang gratis, karena yang gratisan juga tidak kalah bagusnya dengan berbayar.

2. Membuat Database
Pastikan sebelum melakukan pengajuan direktori untuk blog atau website, buatlah database atau catatan kemana seluruh link dimasukkan. Langkah ini agar mudah melacak dan memeriksa apakah link yang dimasukkan masih aktif atau tidak.

3. Jangan Mendaftar

Tidak perlu mendaftar untuk account ketika mengirimkan link. Anda dapat langsung mengirimkan link tanpa melakukan registrasi. Memang ada beberapa direktori yang harus mendaftar, kalau tidak terlalu penting dan PageRank rendah tingglakan saja.

4. Memilih Kategori
Pilih kategori terlebih dahulu sebelum memasukkan link. Pilih kategori yang sesuai dengan konten anda, karena bila tidak link yang terbaca mesin pencari bisa dianggap spam dan akan merugikan bagi blog atau website anda. Anda perlu mengirimkan link dalam kategori yang tepat dan relevan untuk memaksimalkan hubungan dan keterkaitan link yang berkualitas untuk pemaksimalan posisi SERPs.

5. Membuat Laporan Data
Copy Url dari address bar browser dan simpan dalam satu data base untuk memudahkan melacak kemana link dimasukkan. Lalu masukkan lagi alamat home page direktori dari link yang sudah mempunyai account atau sudah disetujui.

6. Mengisi Informasi Unik
Selama mengisi formulir untuk mengirimkan link, selalu berpikir untuk memberikan informasi unik dari situs anda. Dengan informasi yang unik membedakan informasi antara situs lain dengan situs anda dan ini akan memudahkan mesin pencari mendeteksi link yang dikirimkan. Ingat setiap pengajuan informasi harus unik dan asli.

7. Pilih Link Reguler
Semua situs penyerahan direktori menyediakan tiga pilihan untuk mengirimkan link, Feature link, link dan link Reguler dengan timbal balik. Selalu pilih link biasa karena memilih menampilkan link akan menagih beberapa biaya. Mengapa membayar jika kita bisa mengirimkan link secara gratis. Jika memilih link biasa dengan timbal balik, maka anda harus menempatkan link direktori pada blog anda. Ingat, tidak seorang pun ingin membangun blog link farm.

8. Mengkonfirmasi Email
Setelah Anda mengirimkan link di situs penyerahan direktori, pastikan memeriksa akun email untuk konfirmasi. Bila tidak dapat balasan untuk konfirmasi langsung, tunggu beberapa hari. Kadang link konfirmasi masuk dalam kotak spam kalau anda memasukkan filter spam pada email. Setelah menerima email, klik link konfirmasi untuk mengkonfirmasi lalu mulai isi akun anda dengan data yang diperlukan untuk kelengkapan jika diperlukan.

9. Menggunakan Kata Kunci

Gunakan kata kunci pada kota isian kata kunci situs anda. Masukkan paling banyak 10 kata kunci pada direktori. Jangan berlebih, yang penting unik dan relevan dengan konten anda. Gunakan kata kunci yang berbeda ketika memasukkan link ke direktori berikutnya.

10. Submit Hanya Satu Link
Jika menargetkan halaman yang berbeda dengan kata kunci yang berbeda, maka anda tidak perlu mengirimkan kedua link tersebut dalam direktori yang sama. Hanya mengirimkan satu link per direktori. Ini akan memberikan blog lebih banyak eksposur dan popularitas di hasil pencarian dan blog akan selalu dilindungi dari segala hukuman SEO.

Demikian sepuluh tips memasukkan link pada beberapa direktori dengan aman dan seo friendly. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin. Selamat mencoba dan sukses selalu.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.