Tips Menjadi Penulis Blog yang Baik

Tips Menjadi Penulis Blog yang Baik

36 Comments

penulis blog
Sebelum saya memberi tips untuk menjadi seorang penulis blog yang (semoga) baik, lebih baik kita kembali melihat kalau yang selama ini yang ditulis adalah sesuatu yang berat dan memberatkan. Kadang beberapa tulisan blog yang dianggap berbobot itu harus mengandung kata-kata asing biar keren, atau pake bahasa gaul yang biar ngetren. Namun pernahkah kita memikirkan kalau semua itu adalah suatu yang menyusahkan atau membuat susah anda dan orang lain. Anggap saja semua tulisan blog yang dibuat  itu malah mengarahkan kita pada pembunuhan ide, karakter tulisan, dan kehidupan gagasan yang dimiliki. Dalam dunia ini anda dapat berbohong atau tanpa sadar berdusta, namun dalam tulisan anda tidak dapat mendustai ide, perasaan, dan usaha yang dilakukan.
Tulisanmu mencerminkan siapa dirimu
Baiklah supaya semua jadi sederhana dan kita sederhanakan, saya akan berikan beberapa tips menjadi penulis artikel yang baik dalam blog. Bila anda bingung setelah membaca tulisan blog saya, yakinlah kalau saya juga bingung kenapa anda bisa bingung.
Untuk menjadi penulis blog yang baik itu tidak susah. Modalnya mau bertanya dan belajar, karena itu bertanya dan belajarlah pada ahlinya supaya jangan menyesatkan. Ingat, guru yang baik adalah pengalaman. Namun tidak semua guru baik itu berpengelaman dan tidak semua guru yang berpengalaman itu baik.
Sekarang mari kita bahas beberapa hal yang harus diketahui untuk menjadi penulis blog yang baik. Ikuti penjelasan berikut. Bismnillah.

1. Menggunakan Hahasa yang Sederhana dan Jelas
Gunakan bahasa yang tidak kaku dengan menambah beberapa kata pergaulan sehari-hari. Perlu diperhatikan, artikel blog harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ditulis dan menghubungkannya dengan beberapa gagasan sendiri agar mempunyai karakter. Ingat, Jangan sering menggunakan kata-kata asing atau bahasa aneh yang sulit dimengerti, karena pembaca pasti bingung dan bosan membacanya. Intinya tulisan harus memuat kata-kata sederhana dan mudah dimengerti. Oh ya...Artikelnya jangan terlalu berat dan panjang, nanti ngantuk membacanya.

2. Jangan Terlalu Mengandalkan Literatur
Mengandalkan literatur adalah baik, namun terlalu formal juga membuat pengunjung merasa jenuh atau malas melakukan hubungan kerjasama kalau blog anda adalah blog bisnis. Pada saat ini blog bisnis lebih menonjol dalam format humoris, artinya dapat membuat orang suka dan tidak menganggap anda sebagai orang yang kaku. Bikin tulisan sesantai mungkin dan pastikan tidak terlihat seperti buku peraturan.

3. Lakukan Penelitian Kata Kunci
Lakukan Penelitian Kata Kunci ala kadarnya. Toh terlalu berharap pada kata kunci yang baik, nantinya tulisan anda malah kurang diperhatikan. Baik dalam kata kunci, tapi kalau tata bahasa remuk alias kacau balau juga tidak baik. Teliti saja beberapa kata kunci hal yang berhubungan dengan tulisan. Melakukan penelitian singkat tentang kata kunci akan lebih baik, karena tidak menyita waktu dan menghindari kebosanan dalam menulis artikel. Gunakan kata kunci dengan cara yang tepat, sehingga tidak mengganggu aliran teks pada tulisan anda.

4. Tulisan yang Berkarakter
Menulis blog itu mudah, tetapi tulisan yang mencerminkan ciri khas atau karakter suatu blog itu penting. Karakter isi suatu artikel lebih baik berbeda dari yang lain. Hal ini akan menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi blog anda, sehingga orang akan mudah mengingat dan mendapat kesan apa yang ditulis.

5. Fokus Pada Hal Ringan, Positif, dan Memotifasi
Sesuatu hal yang ringan itu menarik tapi banyak dilupakan orang, sementara aspek positif sangat penting sebagai cermin pola pikir dalam tulisan. Tapi yakinlah, banyak hal ringan yang positif dan tidak kalah menarik untuk diangkat (asal tidak berat aja gan). Usahakan tulisan bisa memotifasi, karena ini yang membuat orang tertarik untuk terus membaca. Jika artikel bisa memotifasi, maka anda akan mempunyai reader alias pembaca yang (semoga) budiman, bukan visitor alias pengunjung yang datang secepat perginya.

6. Selalu Melihat dan Mengkaji Ulang
Teliti ulang tulisan anda. Baca berulang kali untuk mengecilkan kesalahan. Ingat, patokannya sederhana, unik, menarik, positif, dan memotifasi. Tidak hanya tentang frase, tanda baca, dan hal-hal kecil lainnya dapat diperbaiki, tapi juga bentuk pemikiran yang dituangkan dalam tulisan. Sekali lagi jangan berpikir sulit, karena susah menuangkannya dalam tulisan. Tulis, tulis, tulis, tulis dan tulis lagi. Jangan takut salah. Toh masih ada waktu untuk memperbaiki. Tanyakan beberapa topik yang belum dimengerti pada ahlinya agar tidak menyesatkan.

Kesimpulannya, untuk menjadi penulis blog yang baik kuncinya Sederhana, Unik dan Menarik, Positif, dan Memotifasi. Sisanya kembangkan sendiri dan berbagilah kepada semua, karena anda akan mendapat keuntungan dan keutamaan dalam hal itu. Kembalikan kehidupan ide dalam hal yang tidak memberatkan, karena kesederhanaan itu...gue bangeetttt!!!


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.