Google SandBox dan Permasalahannya

Google SandBox dan Permasalahannya

39 Comments

google sandbox
Google SandBox - Awal tahun 2004, sebuah istilah baru muncul di antara spesialis seo yang bernama Google SandBox. Ini adalah nama baru google filter spam yang mengecualikan situs baru dari index hasil pencarian untuk sementara. Hal ini menyebabkan situs baru hasil saringan SandBox akan absen dari hasil pencarian untuk hampir semua penggunaan frase atau kata kunci apapun. Hal ini bahkan terjadi dengan situs yang memiliki konten berkualitas tinggi yang unik walau menggunakan teknik seo yang sah. Akhirnya google sandbox lebih berlaku sebagai filter spam suatu blog dan artikel untuk membatasi link yang berkaitan dengan keduanya.
Google Sandbox adalah peristiwa hilangnya suatu artikel atau Blog (website) dari daftar pencarian Google menurut kata kunci tertentu. Dapat dikatakan fenomena ini terjadi karena admin suatu situs atau blog tidak mengindahkan aturan Seo dari Google Webmaster Central, seperti penggunaan keyword yang berlebihan pada isi artikel, rentang waktu link-spaming (penggunaan ping) yang terlalu cepat dilakukan, atau blog yang dilaporkan oleh pihak-pihak tertentu dengan alasan sesuatu.
Google sandbox diasumsikan sebagai filter untuk mengecualikan situs spam atau situs pendamping yang bertujuan membantu situs utama. Jadi banyaknya link building dalam suatu artikel dapat menyebabkan suatu artikel masuk dalam google sandbox, karena kebanyakan link artikel hanya dibangun untuk meningkatkan kualitas konten yang nantinya dapat bersaing pada hasil pencarian mesin pencari secara curang. Biasanya cara ini dilakukan dengan jalan melakukan ping artikel ke beberapa direktori secara otomatis. Namun ping tersebut akan mengirim artikel pada beberapa direktori yang sebenarnya tidak relevan dengan konten kita. Akhirnya google menganggap ini sebagai spam dan artikel langsung dimasukkan dalam google sandbox. Hal ini mengapa sering melakukan ping terhadap artikel kurang baik dan berisiko tinggi.

Saya berikan contoh seperti artikel Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan yang saya ikutkan lomba seo. Rating artikel tersebut langsung turun drastis setelah saya ping ke beberapa direktori. Selanjutnya setelah saya ping menggunakan ping tool milik google dua hari kemudian, artikel tersebut langsung masuk google sandbox. Hal ini memang dilematik namun google menginginkan persaingan yang jujur pada mesin pencari. Bayangkan bagaimana kalau artikel Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan tersebut langsung mempunyai rank tinggi, tentunya ini akan banyak mengandung kecemburuan. Banyak situs atau artikel baru yang baik menjadi menderita karena konsekuensi ini. Sejauh ini, tidak ada informasi yang tepat seperti apa filter SandBox sebenarnya. Berikut adalah beberapa asumsi berdasarkan pengalaman seo
  • SandBox adalah filter yang diterapkan pada situs atau artikel baru. Sebuah situs atau artikel baru akan masukkan dalam sandbox dan disimpan di sana selama beberapa waktu sampai mesin pencari menganggapnya normal dan layak untuk ditampilkan dalam hasil pencarian berdasarkan traffik dan kebutuhan.
  • Ada juga pendapat bahwa SandBox adalah filter diterapkan untuk inbound link kepada beberapa situs. Perbedaan mendasar dengan asumsi pertama bahwa "filter tidak didasarkan pada usia situs, tetapi pada usia inbound link ke situs, dengan kata lain, Google menolak untuk mengakui inbound link terlalu banyak ke beberapa situs yang tidak relevan apalagi kalau umur situs atau artikel itu tergolong baru. Google menginginkan link yang terbangun secara alami". Sulit untuk mengatakan yang mana dari asumsi ini benar, sangat mungkin bahwa keduanya benar.
  • Ini pendapat yang mengerikan bahwa suatu situs dapat disimpan dalam sandbox dari 3 bulan sampai satu tahun atau lebih. Ini berarti bahwa waktu situs yang disimpan di kotak pasir tidak dihitung secara individual untuk setiap situs, tapi untuk kelompok situs. Semua situs yang dibuat dalam jangka waktu tertentu yang dimasukkan ke dalam kelompok yang sama dan akhirnya semuanya dirilis pada waktu yang sama. Jadi, situs individu dalam kelompok bisa menghabiskan waktu yang berbeda di kotak pasir, tergantung di mana mereka berada dalam siklus rilis penjara mereka.

Indikasi
  1. Situs biasanya diindeks oleh Google dan robot pencari secara teratur dari kunjungan googleboot.
  2. Situs memiliki PageRank, mesin pencari tahu tentang itu dan akan menampilkan inbound link ke situs anda dengan benar dan jauh dari kecurangan.
  3. Sebuah pencarian dengan alamat situs (www.site.com) menampilkan hasil yang benar, dengan judul yang benar, potongan (deskripsi sumber daya), dan lain sebagainya
  4. Situs ditemukan oleh kombinasi kata langka dan unik yang terdapat pada konten berupa teks halaman-halamannya.
  5. Situs atau blog tidak ditampilkan dalam seribu hasil pertama untuk setiap pertanyaan atau query lainnya. Kadang-kadang ada pengecualian dan situs akan muncul di antara 500 sampai 600 ribu diposisi mesin pencari untuk beberapa permintaan, tapi tidak mengubah nasib di Google Sandbox.

Saran Terbaik dan Sederhana
Tidak ada cara praktis untuk memotong filter Sandbox. Ada beberapa saran tentang bagaimana hal itu dapat dilakukan, tetapi tidak lebih dari saran dan kinerja dari seorang webmaster biasa. Tindakan terbaik adalah terus Update Situs atau blog anda, dukung dengan struktur seo sederhana, baik dan jujur, serta menunggu dengan sabar sampai sandbox dinonaktifkan. Ingat tidak ada shortcut atau mau jadi artis dalam semalam untuk mengelola sebuah situs atau blog. Ini kenyataan yang harus anda maklumi. Jadi, berusahalah dan bersabarlah.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.