Anjloknya Alexa Rank

Anjloknya Alexa Rank

10 Comments

alexa rank
Akhir-akhir ini banyak blog yang mengalami penurunan rank alexa. Saya sempat ditanya kawan-kawan kenapa hal tersebut terjadi. Lebih parahnya lagi walau penggendutan rank tersebut perlahan, tapi terus berjalan dan akhirnya mencapai sampai nilai mengerikan, contohnya seperti blog ini.

Ada beberapa pendapat dari para web master mengenai penurunan ranking blog, dan itu ada yang langsung berhubungan dengan penyebab utama. Namun ada juga yang hanya berhubungan dengan trik untuk mendongkrak nilai dari rank tersebut. Baiklah...saya akan coba terangkan sedikit mengenai penurunan alexa rank blog anda.

1. Penurunan Rank ada hubungannya dengan Google Panda
Google Panda adalah Algoritma terbaru search engine google tahun 2011, setelah di awal tahun 2010 lalu, google melakukan update algoritma search engine dengan nama "Google Caffeine" , sekarang di akhir bulan februari 2011 google kembali melakukan update algoritma yang dinamakan "Google Panda". Google Caffeine yang sebelumnya dianggap google bakal memberikan hasil pencarian yang lebih baik ternyata belum menjamin situs-situs berkualitas tampil pada posisi utama SERP, sehingga di tahun 2011 ini Google melakukan update algoritma search engine.

Algoritma Google Panda lebih menekankan pada antisipasi content farm. Content farm (Peternakan konten) adalah istilah digunakan untuk menggambarkan sebuah perusahaan website yang mempekerjakan sejumlah besar penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan sejumlah besar konten teks yang dirancang khusus untuk memenuhi algoritma pencarian maksimal oleh mesin pencari secara otomatis. Tujuan utama mereka adalah untuk menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan menarik pembaca halaman. Sebagai informasi Google mulai menurunkan rating blog yang terdeteksi sebagai "content farm" sehingga beberapa situs yang dikategorikan sebagai content farm mengalami penurunan drastis pengunjung yang berasal dari search engine.

Sebagai blogger pemula tidak perlu dipusingkan dengan update algoritma tersebut, sebaiknya tetap mematuhi rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh google di situs google webmaster center guideline
Beberapa diantaranya :
- Membuat konten blog yang asli dan mempunyai relevansi topik tertentu(postingan hasil buatan sendiri bukan hasil copy paste)
- Blog dapat memberikan Informasi dan menawarkan solusi pada pengunjung blog
- Postingan blog mempunyai manfaat buat pengunjung

2. Tingkat dan Banyaknya Interaksi Pengunjung
Komentar merupupakan hal penting dalam sebuah blog. Ini memang sulit untuk di wujudkan. Terkadang banyak blog yang dikunjungi banyak orang namun miskin komentar. Gilanya lagi blog itu blog yang sangat baik untuk dijadikan referensi. Yahhh...menyadarkan untuk berkomentar memang sulit, namun coba mulai dari diri kita sendiri.

Kunjungan berhubungan dangan traffik blog anda, dan komentar akan dihitung sebagai tinggi dan kualitas suatu konten dilihat dari artikel yang berhubungan. Jadi lalu lintas pengunjung terkadang tidak memberatkan dalam menambah rank blog anda. Bahkan ada yang berpendapat
saya lebih suka dikunjungi 5 blog dalam sehari namun mereka memberikan komentar untuk pembelajaran dan perkembangan ke depannya, dari pada 100 orang namun hanya numpang lewat. Emang terminal apa???
Sedang mengenai banyaknya page view juga termasuk menentukan, karena dari situ aktifitas blog akan dinilai sebagai komulasi kepentingan dengan asas manfaat bagi pengunjung lainnya. Artinya seberapa pentingkah blog anda bagi pengunjung, dan tentunya ini sangat berhubungan dengan kualitas artikel anda. Asli dan bermanfaat itu yang harus anda perhitungkan dalam menulis artikel.

3. Banyaknya Link
Banyaknya link anda keluar juga menentukan posisi blog pada site audit alexa, namun ini tidak berpengaruh secara signifikan. Itu berhubungan dengan kepintaran anda dalam menjalin hubungan antar blogger, yang nantinya situs anda dilink mereka.

4. Banyaknya Konten Iklan

Ini suatu yang memberatkan kita karena ini berhubungan dengan pendapat suatu blog. Ada baiknya kalau anda mempunyai blog lain (seperti blog bisnis) untuk meningkatkan pendapatan anda dan jangan digabung dengan blog yang mengangkat konten lainnya. Karena beberapa iklan banyak juga yang terserang google panda dan akhirnya blog anda juga bisa terkena imbasnya.

5. Update Blog

Satu ini perlu anda lakukan, minimal untuk menghindari ranking alexa anda terjun bebas. Sebuah blog tentunya memerlukan update dan kinerja berkwalitas dari pemilik blognya sendiri. Namun saran saya lebih baik anda memperhatikan apa yang dapat anda berikan kepada yang lain, tanpa harus dihantu anjloknya alexa rank blog anda. Saya yakin, lambat laun blog anda juga akan mendapat persaingan bagus mesin pencari. Semua tidak ada jalan pintas dan itu memerlukan kinerja seorang blogger yang rajin dan sabar. heheheee
Ranking tidak menentukan anda menjadi blogger yang baik, namun kinerja anda dalam membangun persahabatan dan saling berbagi suatu manfaat bagi sesama


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.