Melawan Google Panda

Melawan Google Panda

53 Comments

google panda kick spam blog
Pada tanggal 18 Maret kemarin, google berhasil merampungkan update terakhir google panda. Algoritma ini seperti senjata pemusnah masal bagi blog yang tidak sejalan dengan kebijakan google. Artinya beberapa blog yang bersembunyi dalam black hat seo untuk kepentingan peringkat mesin pencari akan diserang tanpa ampun dan mendapat perhatian khusus agar dapat melewati zona aman dari konten yang ditulis. Hal ini bertujuan agar persaingan peringkat pada mesin pencari benar-benar bersih dari kecurangan.

Jika ingin keluar dari zona kematian, maka kita perlu melakukan beberapa hal penting agar jangan sampai blog yang telah dibangun bertahun-tahun mendapat hukuman mati ditiang gantungan. Google telah mengungkapkan bahwa update algoritma panda berkonsentrasi pada penangkapan spam, pencuraian konten (copy-paste), dan link building yang tidak natural. Persiapkan beberapa langkah kecil untuk memastikan bahwa blog anda bukan salah satu blog yang patut dibantai google panda. Bila ini dianggap penting, silahkan simak beberapa perbekalan untuk melawan google panda berikut ini.

Jangan Copy Paste Artikel
Menyalin artikel apa adanya dapat terkena sweeping Google Panda. Google tidak senang bila anda melakukan pencurian hasil karya orang lain, dan itu dapat mematikan karir blog anda. Sama halnya ketika menyalin konten berbahasa asing lalu menerbitkannya kembali. Langkah yang harus dilakukan adalah membuang semua konten copy paste yang telah diterbitkan untuk kelangsungan hidup blog anda sendiri. Periksa posting menggunakan online tools seperti Copyscape.
Google juga menyoroti konten tutorial yang dianggap lebih beresiko terkena tendangan google panda. Hal ini karena hampir semua kode blogger terlihat mirip dan secara luas disalin lalu digunakan kembali.
Seo Natural dan Sederhana
Google panda selalu update berkala tentang SEO optimization. Optimalkan kinerja blog secara sederhana dan dapat bekerja maksimal pada mesin pencarian. Jangan terlalu memaksa untuk mendapat hal yang terbaik, tapi bekerjalah lebih baik karena anda bekerja untuk pengunjung, bukan untuk google. Silahkan simak beberapa artikel untuk referensi, klik di sini.

google panda hate spam, duplicate content, black hat seo

Jangan Menggunakan Teknik Keyword Stuffing
Kata kunci itu perlu dan penting untuk mengirim data khusus konten kepada mesin pencari. Namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci yang sama dalam sebuah tulisan. Apalagi kata kunci dengan anchor link yang terlalu banyak, karena bisa dianggap spam dalam konten anda sendiri. Ingat sebuah tulisan bukan lahan untuk menanam link, namun merupakan ide segar bagi pembaca. Gunakan kata kunci seperlunya dan jangan terlalu memperhatikan peringkat yang didapat oleh artikel, karena anda menulis untuk pembaca, bukan untuk google atau mesin pencari.

Jangan Menyebar Komentar Spam
Kebanyakan blogger membuat komentar spam untuk mendapat peringkat. Biasanya ini dilakukan pada beberapa situs dengan page rank tinggi dengan harapan kebagian indeks rating dari situs tersebut. Praktek ini dapat menyebabkan mesin pencari mempertimbangkan blog anda sebagai situs spam. Akibatnya peringkat halaman terjun bebas menuju jurang kematian. Bagi pengguna wordpress harus berhati-hati bila menggunakan wordpress xtra filter spam karena mereka ditemukan lebih rentan terhadap spam.

Jangan Membangun Link Dengan Blog yang Berbeda Konten
Google menganggap ini mempunyai maksud jahat karena secara logika bila situs tutorial menjalin hubungan timbal balik dengan blog menu masakan, tentunya ini hanya berharap untuk peningkatan ranking blog. Hal seperti ini akan merugikan banyak pihak yag menggunakan layanan google karena dipaksa turun peringkat pada hasil pencarian. Selain itu anda dapat dianggap sebagai petani link (link farming) yang berharap keuntungan tinggi.
Jangan mimpi bro...bangun saja link yang alami dan sejalan dengan konten anda (relevan)
Berhati-hati Menggunakan Dummy Blog
Dummy Blog adalah blog pendamping yang dibuat untuk mendukung suatu situs utama. Terkadang blog dummy ini dibuat banyak dan semua blog tersebut kebanyakan mengupas beberapa hal yang nantinya dikaitkan kepada situs utama dengan menjadikannya landing page. Teknik ini dimaksudkan untuk mengakali google dalam mendapatkan peringkat.
Mungkin cara ini masih ampuh untuk mengakali algoritma, namun bila ketahuan akan berakibat fatal. Blog anda akan dirobek menjadi dua lalu dicampakkan ke tong sampah.

google panda will kick your ass blog

Berhenti Menggunakan Iklan Pihak Ketiga
Masalah ini saya dapatkan pada blog prohackertools yang beranggapan bahwa menggunakan layanan klik berbayar selain kepunyaan google akan lebih berbahaya. Awalnya banyak orang memasuki bidang blogging untuk mendapatkan uang. Mereka mengajukan permohonan untuk adsense dan kebanyakan ditolak karena gagal memenuhi beberapa persyaratan. Selanjutnya mereka mengajukan layanan server iklan murah seperti adbrite., chitika, linkbucks, bidvertisers dan lain sebagainya. Lebih baik layanan ini dihentikan karena beresiko terlalu besar. Tunggu beberapa waktu, bangun pembaca, bangun trafik melalui optimasi natural, dan kemudian mengajukan permohonan adsense. Saya yakin bahwa mereka tidak akan menolak.
Ingat, jangan menempatkan iklan pada blog terlalu banyak karena bisa berpengaruh pada seo. Selain itu akan mengganggu pandangan pengunjung bila ingin membaca artikel anda. Kerja seperti ini hanya merugikan karena seharusnya anda menulis untuk pengunjung dan bukan untuk iklan.
Demikian beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melawan google panda. Algoritma panda adalah penjagal budiman yang memaksa kita untuk berlaku alami menurut ketentuannya. Perbaiki gaya bahasa dan update artikel secara berkala, karena ini merupakan daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Ingat anda menulis bukan untuk mesin pencari, tapi untuk pengunjung blog anda.


"keep spirits and do the best"
Mau belajar trick dan tips blogging lengkap dan mudah?... BACA DI SINI

About the Author

Blogonol adalah Blog - 0 atau blog kosong dengan konten tutorial blog, seo, widget, template gratis, dan blog info yang dikonsep secara sederhana untuk belajar membangun blog yang lebih baik.